Jumat, H / 29 Maret 2024

Zaidul Akbar: Jadi Hidup Sehat itu Pilihan, Sukarela Kok

Selasa 22 Mar 2022 12:39 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: unsplash.com

ESQNews.id, JAKARTA – Sang ahli herbal sekaligus dokter yakni Zaidul Akbar, membagikan postingan di akun pribadinya pada 8 Maret 2022.

 

Unggahannya telah menarik perhatian public dengan mendapatkan 6,844 likes. Kali ini, ia membahas tentang pentingnya kombinasi antara iman dan imun dalam kehidupan kita.

 

Berikut ini adalah postingan lengkapnya:

 

Itulah sebabnya Rasulullah ﷺ memerintahkan kita untuk terus mengisi hari hari dengan ilmu agama sehingga saat masalah datang, iman lah yang menjawabny. Jika iman yang menjawabnya maka tenanglah hati, tiada yang perlu dirisaukan, karena pada dasarnya sesulit apapun masalah atau ujian ya pasti akan berakhir.

 

la dunianya aja fana, kalau udah mikir akhirat, surga, bertemu Allah, pasti akan merasa asing di dunia ini dan gada yang perlu dirisaukan.



 

Demikian juga imun, saat musim penyakit tiba, patogen dimana mana, baik dari patogen mikro atau patogen makro, maka imun yang terjaga akan menjadi benteng dari semua patogen tadi. Sehingga tubuh tetap sehat, itulah pentingnya hidup sehat.

 

Apa dua hal yang hampir sama di iman dan imun ini? Ga bisa instan, butuh proses sehingga akhirnya terbangun imanitas yang kokoh dan imunitas yang tangguh, secara regulernya si gitu meski ada pengecualian.

 

Mukmin yang menjaga imannya dengan mengerjakan kebaikan, meninggalkan dosa, berhati hati dalam kesehariannya pada suatu waktu ia di uji (ujian adalah mutlak akan ada) maka imannya akan menjadi bentengnya dan yang menjawab permasalahan tersebut.

 

Orang yang menjaga imunnya, dengan tidur yang cukup, terkena sinar matahari, puasa, menjaga pola makan, berinteraksi dengan alam, makan minum sehat dan bergizi, dan sebagainya. Maka saat patogen datang, ya sel sel imun akan menjadi tamengnya karena sel imunnya sudah di perkuat dan dididik sekian lama.


<more>

 

Jadi hidup sehat itu pilihan, sukarela kok, gada yang maksa, kalo mau suka suka makan, nyampah nyampah kalau makan, karena merasa ya makan aja apa yang disuka. Ya gapapa sih, artinya bersiap jadi relawan untuk cerita nanti kalay sakit, bahwa makanan ini itu ternyata bikin penyakit ke badan ketika terus menerus masuk.


Mau jadi relawan? Ga usah lah kali ya, repot nanti kalau dah sakit.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA