Minggu, H / 19 Mei 2024

Dibalik Makanan yang Bernama Cuanki, Ternyata?

Kamis 30 Dec 2021 10:51 WIB

Reporter :EDQP

Cuanki

Foto: Instagram

ESQNews.id, JAKARTA - Kota Bandung memiliki beragam jenis makanan yang khas dengan cita rasa yang lezat. Selain itu, beberapa makanan khas Kota Bandung juga memiliki penyebutan nama yang terkesan unik dan memiliki ciri tersendiri. Salah satunya adalah Cuanki.


Usut punya usut, menurut laman Disbudpar Bandung, Cuanki merupakan kepanjangan dari 'Cari Uang Jalan Kaki'. Pada zaman dahulu, para penjual makanan yang terdiri dari bakso, siomay, dan tahu putih dengan siraman kuah bening ini menawarkan jualannya dengan berjalan kaki. Tetapi, kini banyak cuanki yang dijual di kedai-kedai.


Rasanya yang gurih dengan paduan kuah hangat membuta Cuanki digemari oleh banyak orang. Lebih gurih rasanya jika dicampur dengan mie biar lebih kenyang.




Adapun salah satu rekomendasi cuanki yang terkenal di daerah Bandung namanya Cuanki Serayu. Inilah keistimewaan jajan Cuanki Serayu di Gedung Wakaf 99, Jl Sidomukti no 99H, Sukaluyu, Kota Bandung, selain membuat perut kenyang, juga penuh berkah.


<more>


Karena dari setiap mangkok yang terjual, pembeli turut berkontribusi dalam pembiayaan berbagai program sosial Sinergi Foundation.


Mulai dari membiayai Kuttab Al Fatih Cileunyi, operasional pemulasaraan sampai gaji pekerja Firdaus Memorial Park (FMP), menyediakan layanan kesehatan gratis untuk ibu dhuafa di Rumah Bersalin Cuma-cuma, hingga menyediakan layanan Mobil Sehat, masya Allah!


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA