Jumat, H / 29 Maret 2024

Ini Dia Gerakan Sederhana Yoga yang Manfaatnya Tak Main-main!

Rabu 19 Feb 2020 17:12 WIB

Author :Redaksi

Viparita karani asana.

Foto: pinterest


ESQNews.id - Salah satu hal yang menghambat niat berolahraga adalah kondisi badan yang capek dan lelah karena rutinitas sehari-hari yang padat. Padahal bukan cuma istirahat saja yang mampu redakan kelelahanmu, tapi menggerak-gerakkan badan juga efektif bikin fit kondisimu.

Nah, di antara sekian banyak pose yoga, ada satu posisi yang mudah sekali dilakukan dirumah.

Viparita karani asana alias mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding. Ternyata pose ini punya banyak manfaat jika rutin dilakukan selama 15 menit setiap harinya. Yuk cobain, sayang sekali kalau dilewatkan!

1. Memperlancar peredaran darah
Melakukan pose ini akan melancarkan peredaran darah dari kaki ke seluruh tubuh. Efektif buat meredakan beban-beban yang bertumpu pada kaki.

Melakukan pose dengan menaikkan kaki dan menempelkannya di dinding akan membantu melancarkan kembali sirkulasi darah dari kaki ke bagian atas tubuh. Selain meredakan kaki yang pegal, pose ini juga menyeimbangkan tekanan darah sehingga tubuh akan terasa lebih nyaman.

2. Meredakan ketegangan dan pegal
Meredakan ketegangan dan pegal-pegal di otot punggung, pinggul dan kaki. Serasa dipijat!

Gerakan sederhana ini tidak hanya merilekskan, tapi juga memberikan efek positif bagi otot-otot betis, paha belakang, kaki, serta punggung. Saat berbaring telentang, tulang belakang menempel di lantai yang juga membuat punggung dalam posisi lurus dan rileks. Kaki pun begitu. Melakukannya dengan rutin akan menghilangkan ketegangan dan pegal-pegal di area ini. Bonusnya, tubuhmu jadi lebih fleksibel karena otot-otot yang lebih tertarik.


3. Suplai darah ke organ dalam meningkat
Peningkatan suplai darah ke organ dalam bikin kinerja sistem jadi makin lancar. Makananmu jadi cepat tercerna dan lancar metabolismenya.

Meluruskan kaki ke dinding akan melancarkan suplai darah ke tubuh bagian atas, termasuk organ-organ pencernaan. Pose ini akan membantu usus melakukan kontraksi dengan efektif sehingga memperlancar proses pencernaan. Jika dilakukan dengan rutin, nutrisi makanan yang masuk ke tubuhmu akan lebih cepat diserap dengan baik. Pun jika kamu mengalami masalah BAB, maka akan lebih mudah teratasi.
<more>
4. Meredakan sakit saat menstruasi
Kram perut dan sakit kepala saat menstruasi bisa membaik jika kamu mau melakukan pose ini secara rutin.

Mengangkat kaki dan meluruskannya di dinding akan menguatkan organ reproduksi karena suplai darah ke area ini berjalan lancar. Efeknya, nyeri perut dan sakit kepala saat menstruasi bisa berkurang perlahan. Termasuk sakit kepala yang diakibatkan karena melambatnya pergerakan aliran darah ke kepala, bisa diredakan dengan tidur telentang dan menaikkan kaki ke atas dinding.


5. Menenangkan pikiran
Santai telentang dengan kaki terangkat juga bisa membantu menenangkan pikiran, sehingga stres pun hilang perlahan. Saat berbaring dengan kaki lurus di dinding, tubuh akan terasa lebih rileks dengan napas yang lebih tenang. Jaringan tubuh akan mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah makin lancar.

Ini akan membuat sistem saraf lebih baik dan mengurangi tekanan di kening, leher, dan perut. Stres pun nggak lagi mudah bersarang. Posisi ini cocok untuk semua jenis meditasi, karena memungkinkan darah beredar di sekujur tubuh.


6. Mengatasi insomnia
Cara ini juga bisa membantumu mengatasi insomnia, nggak lagi-lagi deh tidur diatas tengah malam.

Darah akan mengalir ke otak akan lebih lancar saat berada di posisi ini sehingga otak mendapat lebih banyak oksigen yang memungkinkan kondisi tidur yang lebih nyenyak. Kalau kamu merasa kesulitan tidur, lakukan pose ini beberapa menit setiap malam sebelum tidur. Beberapa gerakan sederhana ini juga bisa membantumu cepat mengantuk dan tidur lebih awal.


Nah, sekarang sudah tahu kan, rutin mengangkat kaki dan menempelkan ke tembok sambil berbaring selama 15 menit ternyata manfaatnya tidak main-main.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA