Jumat, H / 29 Maret 2024

Obat Kaki Bengkak

Senin 20 Dec 2021 08:21 WIB

Reporter :EDQP

dokumen pribadi

Foto: health.com

Oleh: Mushlihin, Guru SMPN 1 Karanggeneng Lamongan


ESQNews.id, JAKARTA - Kaki kanan saya bengkak. Saya menduga-duga itu disebabkan lupa bersedekah. Bukankah sedekah itu menolak bala alias malapetaka? Alkisah, ketika jumatan saya membawa uang di saku. Tetiba di serambi masjid, alarm pertanda azan Jumat berbunyi. Sehingga saya bersegera menuju saf terdepan. Saya lalai mengisi uang di kaleng. Sementara orang mengira sakit itu lantaran makanan. Misalnya kare, udang, jeroan, kaspe, atau mangga manalagi.


Saya nekat ke sekolah. Saya berjalan ke kelas sembari menahan sakit di kaki kanan. Selepas pembelajaran, saya pun pamit ke apotek membeli Zelona, Kalmethasone, dan Omeric. Sesampai di rumah, saya meminumnya. Mertua turut mengambilkan pisang dan mengusap kaki saya. Rasa sakitnya agak berkurang.




Saya lantas mengurut kaki sembari membaca doa bismillah 3x, auzubillahi waqudratihi min sarri maa ajidu wa uhadziru 7x. Saya juga muraja'ah surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas. Sedangkan istri saya mengoleskan minyak Zaitun. Sakitnya sedikit mereda. Namun saya tidak kuat berjalan kaki. Padahal saya kebelet pipis. Maka saya duduk di kursi empat roda. Keponakan yang mendorongnya menuju kamar mandi.


Setelah bersuci, saya salat sambil duduk di kursi untuk kali pertama. Makmumnya anak, istri, ibu, adik dan keponakan saya. Saya menjadi sadar. Betapa nikmatnya salat sambil berdiri. Betapa nikmatnya jalan sehat, gerak jalan, penjelajahan, hiking, senam, atau bersepeda angin puluhan kilometer.


<more>


Selanjutnya anak saya memijat kaki saya. Tangannya lembut. Rasanya lebih nyaman. Saya mampu berjalan tanpa bantuan. Saya lahap. Saya juga tidur nyenyak. Saya terbangun di sepertiga malam. Saya dapat tahajud, salat fajar dan jamaah subuh ke masjid. Bahkan saya dapat berkegiatan persami (Perkemahan Sabtu Minggu).


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA