Minggu, H / 19 Mei 2024

Makanan dan Minuman Penyebab Bau Mulut

Rabu 11 Oct 2023 09:52 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Pentingnya menghindari makanan dan minuman yang menimbulkan bau tak sedap pada mulut saat berpuasa

Foto: Cosmopolitan


ESQNews.id, JAKARTA – Semua orang pasti merasa tidak percaya diri dengan mulutnya ketika berpuasa. Merasa sungkan untuk berkomunikasi dengan orang banyak dan lebih memilih bungkam. Penyebab bau mulut pada seseorang bermacam-macam seperti masalah gigi berlubang, tidak sikat gigi setelah makan, kurang memperhatikan kebersihan mulut, dehidrasi dan lain sebagainya.


Baca juga: Manfaat Buah Kurma untuk Sahur dan Berbuka Puasa

 

Salah satu masalah yang menyebabkan mulut mengeluarkan bau tak sedap adalah asupan makanan saat sahur atau berbuka. Ada beberapa makanan dan minuman yang memicu datangnya bau mulut, maka hindari:

 

  1. Bawang Putih
    Bawah putih selalu menjadi salah satu bumbu dapur untuk pelengkap rasa dan aroma masakan. Tapi siapa sangka, ternyata bawang putih termasuk salah satu makanan yang menyebabkan bau mulut bahkan bau badan. Menurut Lisa Harper Mallonee, MPH, RD, Profesor di Texas A&M Health Science Center Baylor College of Dentistry mengatakan bahwa bawang mengandung senyawa sulfur dan tertinggal di dalam mulut lalu diserap ke dalam aliran darah kemudian di keluarkan ketika kita bernafas.

  2. Daging
    Daging merupakan makanan yang kaya akan proteinnya. Namun, daging bisa menyebabkan bau mulut dan bau badan. Keringat dan gas yang dikeluarkan oleh tubuh orang pemakan daging cenderung lebih bau.

  3. Susu
    Agar tubuh tetap sehat dan kuat biasanya susu sebagai minuman pilihannya saat puasa. Namun, sebaiknya setelah minum susu perbanyak minum air mineral untuk menghindari bau mulut.

  4. Makanan Siap Saji
    Produk olahan atau junk food ini selain tidak sehat karena bersifat instan juga mengandung lemak yang tinggi. Sehingga makanan itu sulit dicerna dan mengeluarkan gas yang bau.

  5. Makanan Berserat
    Pasalnya makanan berserat mengandung zat hydrogen, karbon dioksida yang dapat menghasilkan gas aroma tak sedap. Berlaku untuk semua makanan berserat rendah maupun tinggi.

  6. Kopi
    Biasanya kebanyakan orang tidak melewatkan waktu untuk minum kopi di pagi hari. Namun, ketika kita hendak puasa kopi adalah salah satu minuman yang harus dihindari. Kenapa? Karena kopi mengandung sulfur dan kafein yang bisa menyebabkan bau tak sedap pada mulut.


Baca juga: Inilah Godaan saat puasa Syawal, Pernah Mengalaminya?


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA