Jumat, H / 29 Maret 2024

Kegiatan Menyenangkan Bersama Anak Selama Bulan Ramadhan

Rabu 27 Mar 2019 10:10 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Kegiatan selama sebulan penuh demi mengumpulkan segudang pahala

Foto: ESQ Media

ESQNews.id, JAKARTA – Menurut Muhammadiyah perkiraan Bulan Ramadhan jatuh pada 5 Mei 2019. Setiap umat muslim kan menggunakan waktu sebulan penuh dengan sebaik mungkin. Biasanya mereka berlomba-lomba dalam kebaikan atau memperbanyak ibadah dibandingkan bulan-bulan biasanya.

 

Namun bagaimana jika anak diikut sertakan dalam kegiatan agar memperbanyak amal ibadahnya juga? Berikut ini adalah kegiatan menyenangkan bersama anak sekaligus menambah amal baik dalam beribadah:

 

  1. Tadarus Al-Qur’an
    Membaca kitab suci Al-Qur’an di bulan Ramadhan bisa menjadi kegiatan yang mengasyikan. Agar anak semangat untuk membaca dan mengkhatamkan Qur’an di bulan Ramadhan, kita bisa menyampaikan keutamaan membaca Qur’an di bulan Ramadhan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an, ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan 10 kali ganjaran (pahala).
  2. Membaca kisah para Nabi dan Rasul
    Biasanya jaman modern ini kita lebih mengenal artis, tokoh masyarakat yang di agung-agungkan. Sedangkan kisah para Nabi dan Rasul terlupakan, padahal mengenal Nabi dan Rasul itu ada dalam Kitab Suci mereka. Sudah jelas banyak kisah inspiratif khususnya bagi penerus bangsa atau anak-anak. Anak-anak harus diberitahu tentang pentingnya kesuksesan, kepemimpinan, sifat bijaksana, baik, pemaaf dan lainnya dari kisah teladan Nabi dan Rasul.
  3. Mengajak anak ikut serta dalam membuat takjil
    Kegiatan seperti ini pasti akan menyenangkan hati anak-anak. Membuat takjil kemudian memberikan kepada orang-orang sekitar yang membutuhkan. Anak dapat belajar memberi sesuatu, dapat berbagi kebahagiaan dengan orang bersangkutan, belajar bersyukur atas nikmat yang Allah berikan.
  4. Jalan-jalan sore (ngabuburit) misal dengan bersepeda atau jalan kaki
    Jangan menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Misalnya dengan bersepeda santai atau jalan kaki bersama keluarga sambil menantikan bedug buka puasa tiba.
  5. Mengajak anak ke Masjid untuk menunaikan Shalat Tarawih
    Shalat Tarawih adalah Shalat sunnah yang dilakukan khusus hanya pada bulan Ramadhan. So, jangan sia-siakan satu bulan ini untuk melakukan Shalat Tarawih berjamaah. Anak juga sebaiknya diajarkan sejak dini untuk mengikuti Shalat Tarawih. Orangtua memberikan informasi kepada anak bahwa salah satu keutamaan Shalat Tarawih yaitu mengampuni dosa yang telah lalu.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA