Jumat, H / 29 Maret 2024

Hati-Hati dengan Ucapan Ini!

Rabu 20 Nov 2019 09:43 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: ordinaryoutdoorsman.com

Anak nakal atau banyak akal? Anak hiperaktif atau kreatif? Anak malas belajar atau dominan otak kanan? - Arunaya


ESQNews.id, JAKARTA - Konvensi Hak-Hak Anak ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersamaan dengan diperingatinya Hari Anak Sedunia. Hasil deklarasi Konvensi Hak-Hak Anak berisikan bahwa harus menghormati dan menjamin hak setiap anak tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun.


Berdasarkan Konvensi tersebut, anak patut memiliki hak bermain, mendapatkan pendidikan, perlindungan, identitas, status kebangsaan, makanan, akses kesehatan, rekreasi, kesamaan dan peran dalam pembangunan.


<more>


Anak merupakan penerus dan generasi bangsa. Masa kanak-kanak adalah masa yang paling menyenangkan, bebas bermain dan berkreasi sesuai dengan imajinasi masing-masing.


Dengarkan kata atau curahan hati anak, apa yang dibutuhkan, apa yang diinginkan.  Tidak semata-mata, tidak melulu selalu orangtua yang mengurus, mengatur agar anaknya begini dan begitu. Nanti yang ada si anak terpaksa melakukan hal tersebut bukan atas dasar keinginan nuraninya (terpaksa).




Dan mungkin kita sering mendengar atau melihat di ruang lingkup kalian terkait cara mendidik, mengajarkan sang anak. Ada yang dengan lemah lembut, ada yang sambil membentak bahkan sampai ada yang bermain fisik.


Perlakuan orangtua terhadap anak berbeda-beda maka akan terbentuk karakter yang berbeda pula. Terkadang para ayah dan ibu mengucapkan atau bertindak yang tidak diinginkan olehnya dan si anak. Seperti ini contohnya:




Stop ucapkan kalimat tersebut kepada anak-anak, usahakan katakan apa yang ayah ibu inginkan. Seperti kata-kata penyemangat:


. Ayo kamu bisa, kamu kuat, kamu hebat. Keluarkan saja tangismu jika itu membuatmu menjadi lebih tenang. Jika sudah tenang, mari cerahkan hari lagi dengan senyuman.


. Kamu anak ayah dan bunda, kami bangga sama kamu. Kamu harapan kami, tetap menjadi kebanggaan yah.


. Apa kemampuanmu? Kamu suka melakukan hal apa? Sehingga kamu bisa mengembangkan hal tersebut dengan senang hati.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA