Minggu, H / 19 Mei 2024

Manfaat dan Syarat Donor Darah

Selasa 17 Sep 2019 12:03 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: bbc.com


Donor darah salah satu cara membuang darah kotor kemudian regenerasi sel darah baru.


ESQNews.id, JAKARTA – Darah merupakan cairan dalam tubuh yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Menurut academia.edu orang dewasa memiliki rerata 4,5 – 5,5 liter darah yang bersikulasi di dalam tubuh.


Setiap detik, selalu ada seseorang, di suatu tempat, yang membutuhkan darah. Dan transfusi darah dapat membantu menyelamatkan jutaan nyawa. Mari bantu selamatkan mereka dengan berdonor darah.


Tak akan sia-sia darah yang kalian donorkan. Ada beberapa manfaat jika kita melakukan donor darah menurut PMI. Diantaranya:

 

1.    Menjaga kesehatan jantung

2.    Meningkatkan produksi sel darah merah

3.    Membantu menurunkan berat badan

4.    Mendapatkan kesehatan psikologis

5.    Mendeteksi penyakit serius

 

Lalu siapa saja yang boleh melakukan donor darah? Apa saja syaratnya?

 

1.    Usia 17-60 tahun

2.    Berat badan minimal 45 kg

3.    Suhu tubuh 36,6 – 37,5 derajat celcius

4.    Denyut nadi teratur 50 – 100 kali/menit

5.    Hemoglobin perempuan 12 gram dan laki-laki 12,5 gram


Namun ada beberapa orang yang merasa takut mengalami resiko penularan penyakit melalui donor darah tersebut. Sudah diperjelas dalam PP No.7 Tahun 2011 tentang Pelayanan darah.


Bahwa untuk mencegah resiko penularan penyakit baik bagi penerima maupun petugas kesehatan sebagai pemberi layanan dan Pemerintah bertanggung jawab atas pelaksanaan pelayanan darah yang aman, bermanfaat, mudah diakses, dan sesuai kebutuhan masyarakat.




Salah satu masyarakat asal Majalengka mengaku senang bisa mendonorkan darahnya kepada khalayak. Sebagai bentuk rasa peduli, wadah untuk sedekah (selain sedekah harta).


“Manfaatnya ya karena sel darah kita di regenerasi jadi ya Alhamdulillah badan jadi lebih enak lebih ringan. Yang pasti merangsang untuk pelepasan hormon endorfin, jadi cenderung bahagia dan tenang. Hormon stress itu kortisol berkurang,” papar Adi, selaku Operator (IT) di SMA Negeri 1 Jatiwangi.


Ia mengaku keinginannya untuk rutin donor darah. Tapi karena donor darah memiliki jarak waktu donor minimal tiga bulan sekali, jadi ikuti saja aturan PMI.


Dan ada beberapa aturan seperti tidak mengkonsumsi obat-obatan rutin, kalau pun minum obat 3 hari sebelum donor darah. Saat malam tidak begadang dan istirahat yang cukup. Kondisi tubuh yang sedang prima dan usahakan ada asupan terlebih dahulu sebelum donor darah.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA