Minggu, H / 19 Mei 2024

Idap Sindrom Williams, Ini Ciri-Cirinya

Jumat 09 Aug 2019 17:02 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: raisingchildren.net.au

Setiap orang terkadang memiliki ‘tanda-tanda’ atas kelahirannya. Entah berupa tahi lalat maupun kelainan bawaan dari lahir.


ESQNews.id, JAKARTA – Kondisi genetik dapat mempengaruhi siapa pun, misalnya pada penderita Sindrom Williams (WS). Ditandai dengan masalah medis, termasuk penyakit kardiovaskular, keterlambatan perkembangan, dan tantangan belajar.


Sering terjadi berdampingan dengan kemampuan verbal yang mencolok, kepribadian yang sangat sosial dan afinitas terhadap musik. Dan penyakit ini dialami oleh salah satu anak komedian, Dede Sunandar.


Dialami oleh anak keduanya yang bernama Ladzan Syafiq Sunandar. "Iya pak dia lagi sakit, dia punya penyakit yang beda dari semua orang. Penyakitnya Williams Syndrome. Jadi kayak benar jantung tapi paru-paru sampai lambung ada masalah Pak, jadi harus di operasi mau nggak mau," kata Dede kepada tim wartawan (7/8).




Mari kenali ciri-ciri kelainan ini, menurut Williams Syndrome Association:


. Penampilan Wajah yang Khas: Hidung kecil, philtrum panjang (bibir atas panjang), mulut lebar, bibir penuh, dagu kecil, dan bengkak di sekitar mata.


. Masalah Jantung dan Pembuluh Darah: Ada penyempitan di aorta yang memproduksi straosis aorta supravalvular (SVAS), atau penyempitan di arteri paru-paru. 


. Sulit Menambah Berat Badan: Perawakan dewasa lebih kecil dari rata-rata.


. Kelainan Gigi: Gigi yang agak kecil dan memiliki banyak ruang.


. Kelainan Ginjal: Ada sedikit peningkatan frekuensi masalah dengan struktur atau fungsi ginjal.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA