Minggu, H / 19 Mei 2024

Mengenal Metode Design Thinking Sebagai Kunci Sukses Startup dan Perencanaan Hidup dari Buku Startup Safari Karya Andre Husada

Jumat 13 Oct 2023 12:29 WIB

Author :Kontributor (Startup Safari)

Tangkapan Layar

Foto: Kontributor

ESQNews.id, JAKARTA - Startup Safari bukan sekadar buku bisnis biasa. Buku ini ditulis oleh Andre Husada, Co-Founder & CEO HOLEO, dan merupakan playbook, kompas, dan panduan
bagi para pemuda yang ingin menciptakan perubahan melalui startup yang mereka dirikan.

Menariknya, di buku ini ada sebuah metode yang dapat diaplikasikan di startup sekaligus perencanaan kehidupan masa depan, yaitu Design Thinking. Di buku ini dijelaskan bahwa
metode design thinking juga dapat digunakan untuk merancang hidup masa depan karena
memiliki proses yang sama.



Mari kita telusuri dunia bisnis yang penuh inspirasi dan mengenal metode design thinking lewat buku Startup Safari.

Design Thinking adalah metode inovasi yang didasarkan pada kekuatan empati dan penciptaan produk berbasis manusia yang dapat menjawab kebutuhan pengguna.



Metode Design Thinking umumnya dipakai untuk membangun bisnis, startup, atau desain UX. Design Thinking memiliki 5 tahapan proses, yaitu empati, definisi, ideasi, prototipe, dan pengujian.

Dengan empati, Anda berusaha untuk memahami kebutuhan dan masalah yang dihadapi konsumen. Ini adalah dasar dari Design Thinking yang menjaga supaya inovasi fokus untuk menangani kebutuhan konsumen.

Kemudian, proses empati dilanjutkan dengan definisi yang memetakan masalah agar sejalan
dengan sudut pandang konsumen. Lalu, memasuki tahapan ideasi untuk mengeluarkan ide dan solusi. Prototipe adalah contoh produk pertama yang dapat menjawab kebutuhan konsumen. Prototipe ini akan diuji di tahap pengujian terhadap calon konsumen.



Di dalam buku Startup Safari, Design Thinking tidak hanya dapat diterapkan untuk membangun sebuah bisnis atau produk, tetapi juga dapat digunakan untuk merancang masa depan setiap individu.

Menurut Andre Husada, Co-Founder & CEO HOLEO, manusia adalah inti dari inovasi,
“Menerapkan prinsip user-centered ethos pada design thinking pada pertumbuhan pribadi
menempatkan kita, setiap individu, di pusat inovasi.”

<more>

Penerapan Design Thinking saat merancang tujuan masa depan juga sama, seperti memahami kekuatan dan kelemahan diri, menemukan solusi untuk memperbaiki kekurangan diri, mempraktikkan solusi tersebut di dunia nyata, dan menggunakan umpan balik untuk meningkatkan kualitas diri.



Penjabaran tentang metode Design Thinking dalam perancangan target hidup masa depan bisa Anda temukan di buku Startup Safari karangan Andre Husada. Tak hanya soal Design Thinking, buku ini juga memaparkan 100 contoh strategi yang diterapkan startup di Amerika Utara dan Asia yang dapat memandu anak muda untuk mendirikan startupnya sendiri.

Anda bisa mendapatkan buku Startup Safari ini di Tokopedia dan Amazon seharga Rp. 129.000.
Info lebih lanjut dapat diakses melalui akun media sosial Instagram dan TikTok di
@startupsafaribook.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA