Minggu, H / 19 Mei 2024

Motivasi Kerja: Jangan Makan Siang Sendirian! (1)

Senin 08 Jul 2019 13:58 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Marie Schneegans, Fondatrice & CEO, Never Eat Alone

Foto: Youtube

ESQNews.id, JAKARTA - Bagaimana meningkatkan motivasi kerja dan menjadi lebih bahagia di kantor? Inilah saran sederhana namun dapat berdampak besar, yaitu: Jangan makan siang sendirian! Saran ini mungkin terdengar aneh. Namun menurut penggagasnya, Marie Schneegans, seorang praktisi dan start up yang bergerak di bidang sosialisasi dan membangun jejaring di dalam perusahaan, tips motivasi bekerja tersebut sangat berdampak. 


Berdasarkan sharingnya di TEDx berdurasi 4.5 menit, ia menuturkan pengalamannya. Bermula dari masalah pribadinya saat bekerja di sektor perbankan yang sering mengalami stres, kelelahan, dan sedikit interaksi antara karyawan.


Pada awalnya ia sering makan sendirian di meja kerjanya dalam ruang kerja satu departemen. Kemudian ia memutuskan untuk mengubah kebiasaan itu. Ia berpikir bahwa agar dapat meningkatkan motivasai kerja, maka ia harus mengenal orang-orang dari berbagai divisi dan latar belakang, serta lebih memahami bagaimana perusaahaan ini bergerak.


“Saya kemudian melangkah ke lantai berbeda, bertanya secara acak apakah mereka mau makan siang bersama saya. Ternyata kebanyakan dari mereka mengiayakan,” ujarnya.


Suatu hari ia mengalami masalah legal. Ia pun  berpikir daripada satu jam dipakai browsing di meja kerja, ada baiknya ia makan siang bersama orang dari divisi legal. 



- Tempat Makan Enak di Menara 165? Medina Cafe & Bistro Jawabannya!

- Training Transformational Leadership ESQ Hadir di Malaysia


“Ternyata masalah saya terselesaikan dan saya pun memiliki teman baru,” ujar Marie.


Dia secara proaktif menjadwalkan makan siang bersama orang-orang yang ada di perusahaan. Dalam perjalanannya, Marie bertemu banyak orang yang ingin melakukan hal yang sama tetapi merasa sulit atau canggung tanpa cara yang baik untuk memecahkan kebekuan. 


- Meditasi Bukan Metode Tepat Untuk Meningkatkan Motivasi Kerja


Ia mulai membuat ruang berkolaborasi dimana orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda seperti para insinyur, disainer, artis datang, bertemu dan berkolaborasi.


Dengan makin banyak pertemuan, makin banyak diskusi, maka makin kreatif, dan kreativitas ini menjadi eksponensial. Ia pun secara pribadi merasa dirinya makin kreatif dan makin memiliki energi dan memiliki motivasi kerja lebih tinggi.


[1]   [2]   


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA