Minggu, H / 19 Mei 2024

7 Aspek Individual Wellness yang Harus Anda Jaga

Selasa 21 Jan 2020 11:06 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

ilustrasi

Foto: headspace


ESQNews.id - Kesehatan tidak hanya fisik saja, namun ada aspek lain yang perlu anda jaga kesehatannya untuk menjadi pribadi Anda yang Amazing. Ada beberapa aspek yang perlu anda perhatikan dan jaga kesehatannya;

Spiritual
Kesehatan spiritual adalah proses memahami kepercayaan, nilai-nilai, dan etika yang membantu membimbing hidup Anda. Apa pun pendekatan yang Anda sukai, meluangkan waktu untuk bertanya dan menjelajahi kehidupan rohani Anda dapat menjadi bagian penting bagi kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Emosional
Menjaga kehidupan emosional yang sehat adalah penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Beberapa cara untuk tetap sehat secara emosional adalah dengan mengelola tingkat stres Anda, tetap di atas pekerjaan sekolah, tidur delapan jam, meminta bantuan, atau menemui terapis di Counseling Center atau Coach di 3.0 Coaching.

Intelektual
Kesehatan intelektual berarti tetap ingin tahu dan terlibat dalam mempelajari hal-hal baru. Terlibat dalam kegiatan kreatif. Baca untuk kesenangan, sadar akan masalah sosial dan politik, atau bergabung dengan klub yang berfokus pada peningkatan minat intelektual.
<more>
Physical
Kesehatan fisik meliputi menggerakkan tubuh Anda (olahraga), makan makanan yang seimbang (gizi), tidur, mengelola stres, menerima perawatan medis dan gigi preventif.

Sosial
Kesehatan sosial melibatkan memiliki jaringan sosial yang kuat dapat memberikan Anda dukungan dan bimbingan ketika Anda sedang stres atau membutuhkan bantuan stres. Selain itu hubungan ini dapat membantu dalam pengembangan hubungan yang sehat.

Lingkungan
Kesehatan lingkungan berarti menjaga lingkungan global Anda dan lingkungan pribadi Anda. De-clutterig kamar Anda, daur ulang sampah sukarela Anda untuk membersihkan lingkungan Anda dapat meningkatkan kesehatan untuk semua.

Keuangan
Kesehatan finansial berarti mengambil langkah-langkah untuk hidup dalam sarana keuangan Anda dan hidup di dalamnya, dan merencanakan untuk, kesehatan keuangan masa depan. Anda dapat melakukan ini dengan merencanakan keuangan, membuat anggaran, dan belajar untuk menjadi konsumen yang baik.
dukungan


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA