Rabu, H / 15 Mei 2024

ESQ Kemanusiaan Berikan Mushaf Al-Qur'an Isyarat kepada 700 Anak Tuna Rungu (Teman Tuli) di Yogyakarta

Rabu 20 Mar 2024 14:22 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, YOGYAKARTA - Penyandang difabilitas sering kali menghadapi tantangan yang lebih besar dalam mengakses materi pembelajaran, termasuk Al-Qur'an. Padahal, mereka memiliki semangat dan keinginan yang sama juga untuk mempelajari dan membaca Al-Qur'an.


Berangkat dari kendala tersebut dan berdasarkan kebutuhan sarana belajar membaca Al-Qur'an, ESQ Kemanusiaan memberikan Mushaf Al-Qur'an Isyarat kepada 700 anak Tuna Rungu yang terdiri dari 43 Sekolah Luar Biasa (SLB) khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).


Penyerahan Mushaf Al-Qur'an Isyarat yang berlangsung pada tanggal 14 Desember 2023 di SLB Negeri Pembina Yogyakarta itu dihadiri oleh Siti Alpiyah selaku Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran PAI SLB DIY beserta Kepala Sekolah dan guru di 43 SLB DIY.


"Saya sangat berterimakasih kepada ESQ Kemanusiaan yang sudah menyalurkan Mushaf Al-Qur'an Isyarat dan tak lupa juga dukungan dari sponsor yakni BSI MASLAHAT yang sudah membantu.


Dengan adanya sarana untuk membaca Al-Quran yang diperuntukan bagi anak-anak Tuna Rungu sangat memudahkan mereka untuk bisa membaca Al-Qur'an," ungkapnya dengan sumringah.




Disampaikan juga olehnya bahwa guru-guru SLB di DIY pun sangat menantikan adanya kegiatan Pelatihan Mushaf Al-Qur'an Isyarat agar bisa langsung di implementasikan kepada anak-anak peserta didik Tuna Rungu.


"Harapannya setelah Penyaluran mushaf Al-Qur'an Isyarat bisa segera terlaksana kegiatan pelatihan Mushaf Al-Qur'an Isyarat untuk guru-guru SLB di DIY sebanyak 86 guru," pintanya.




Lalu, June perwakilan dari ESQ Kemanusiaan menyampaikan terimakasih kepada Siti Alpiyah dan juga kepala sekolah, guru-guru di 43 SLB DIY serta adik-adik yang sangat luar biasa tersebut.


"Alhamdulillah ESQ Kemanusiaan berkolaborasi dengan BSI MASLAHAT menyalurkan Mushaf Al-Qur'an Isyarat sebanyak 700 eksemplar untuk adik-adik semuanya. 


Mushaf Al-Qur'an Isyarat ini diterbitkan oleh LPMQ Kementerian Agama dan kami mendapatkan izin untuk bisa menyebarkan lebih luas kepada Teman-Teman Tuli muslim di seluruh Indonesia untuk bisa membaca dan memiliki Al-Qur'an Isyarat," jelas June.




Lebih lanjut, "Kami juga akan mengadakan Pelatihan Mushaf Al-Qur'an Isyarat untuk guru-guru, ustad-ustadzah agar bisa mengajarkan Mushaf Al-Qur'an Isyarat ini kepada Teman-Teman Tuli."


<more>




Just info, ESQ Kemanusiaan juga punya Program Ramadan Peduli Difabilitas. 


Mengingat, peran Rasulullah SAW bagi penyandang difabilitas sangatlah penting. Bahkan lebih 1400 tahun yang lalu, beliau selalu berada di garis terdepan untuk memastikan bahwa orang-orang yang memiliki keterbatasan dipenuhi hak kebutuhannya. 


Terlebih saat ini sudah memasuki bulan suci Ramadan, bulan penuh berkah dan dilipatgandakan pahala amalan yang kita jalankan. 


ESQ Kemanusiaan mengajak untuk bisa memberikan donasi terbaiknya melalui program-program ini di antaranya:


- Pesantren Harapan Rp. 450.000/Jiwa (Program yang membentuk spiritual. Penanaman nilai-nilai Islam untuk difabilitas).


- Santunan dan Bingkisan Ramadan Rp. 300.000/Keluarga (Santunan dan bingkisan untuk difabilitas memenuhi kebutuhan pangan keluarga harian).


- Berbagi Ifthar dan Ta'jil Rp. 50.000/Jiwa (Berbagi makanan buka puasa untuk saudara difabilitas kita yang membutuhkan).


Mari berikan bantuan terbaik, transfer melalui:


Bank Syariah Indonesia 7165716595 A.n Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa


Untuk program lainnya klik: https://linktr.ee/wakaf165esq


Untuk informasi lebih lanjut hubungi hotline kami: June 08111337165


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA