Senin, H / 29 April 2024

Hari Tani Nasional

Selasa 24 Sep 2019 10:30 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Freepik

Dunia ini cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia, bukan untuk memenuhi keserakahan manusia – Mahatma Gandhi.


ESQNews.id, JAKARTA – Hari ini, 24 September memperingati Hari Tani Nasional. Sebagai pengingat bahwa pada tanggal itu, Presiden Republik Indonesia Soekarno menetapkan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA 1960).


Negara Indonesia adalah negara agraris, kekayaan alam yang melimpah ruah. Namun pengelolaan hasil pangan, cara pengoperasiaan, rasa menghargai petani dan lainnya masih kurang diperhatikan.



<more>


Kurangnya koordinasi atau kerjasama antara pihak ‘atas’ dengan petani. Kurangnya sosialisasi atau penyuluhan yang seharusnya diberikan kepada petani. Namun terkadang dari petani itu sendiri yang menolak cara yang diberikan pihak ‘atas’.


“Banyak Bupati dan kepala daerah dengan basis masyarakat petani juga tidak paham pertanian. Hampir semua kelembagaan teknis juga jadi birokrat pertanian, tidak paham memajukannya,” kata Soekam, Direktur Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas).


Sehingga jalinan komunikasi yang kurang, membuat sektor pertanian hanya begini adanya. Adanya permainan mindset pada diri manusia. Yang ada kita mengandalkan barang atau bahan import dari luar, beras salah satunya.


Berbeda dengan negara lain yang bukan agraris notabennya, karna keselarasan antara pikiran, perkataan, perbuatan membuahkan hasil yang baik pula. Mudah-mudahan di setiap tanggal 24 September ini, saat memperingati Hari Tani Nasional sekaligus me-recharge hal yang telah lalu untuk di gali kembali.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA