Selasa, H / 14 Mei 2024

WMO, Hari yang Diperingati oleh 188 Negara

Selasa 23 Mar 2021 11:09 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: earthtimes.org

ESQNews.id, JAKARTA - Setiap tanggal 23 Maret diperingati sebagai Hari Meteorologi Sedunia atau World Meteorological Day. Kenapa 23 Maret? Karena pada tanggal yang sama di tahun 1950 sebuah badan spesialisasi di bidang Meteorologi di bawah naungan PBB bernama World Meteorological Organization dibentuk. Hari meteorologysedunia ini diperingati oleh 188 negara anggota WMO.


Setiap tahun WMO mengusung tema-tema khusus untuk memberikan pengetahuan mengenai iklim sekaligus memunculkan aksi-aksi untuk memperlambat perubahan iklim yang kian ekstrem.


Tema Hari Meteorologi Sedunia tahun 2021 adalah "The Sun, The Earth, and The Weather" atau Matahari, Bumi dan Cuaca yang mana matahari berperan penting dalam memberikan energi yang memberi daya pada semua kehidupan di bumi dan mendorong cuaca, arus laut, dan siklus hidrologi.


<more>


Meteorologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari Atmosfer Bumi khususnya untuk keperluan prakiraan cuaca. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "meteorosatau" yang berarti ruang atas (atmosfer), dan logos atau ilmu. Meteorologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas gejala perubahan cuaca yang berlangsung di atmosfer.


Indonesia mempunyai wadah untuk menaungi keilmuan ini bernama BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA