Minggu, H / 28 April 2024

Stok Pangan Dunia Kian Menipis

Jumat 01 Mar 2019 17:33 WIB

Reporter :Redaksi

Persawahan dan ladang (Ilustrasi)

Foto: Columbia

ESQNews.id, JAKARTA - Fakta mengejutkan dibuka oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengatakan persediaan pangan di dunia saat ini sangat terancam. Berbagai macam penyebab diantaranya karena spesies hewan dan tanaman yang punah dalam waktu cepat.


Masalah tersebut berbanding terbalik dengan masalah pertumbuhan manusia yang semakin tak terkendali. Dilansir National Geographic Indonesia, Organisasi Pangan Dunia (FAO) mengatakan, manusia bergantung pada hewan dan tumbuhan sebagai sumber pangan. Namun, jumlah mereka ternyata semakin berkurang akibat wabah penyakit, suhu yang tak menentu serta cuaca ekstrem akibat perubahan iklim.


Baca juga: Peran Penting Serangga untuk Manusia


Meskipun ada sekitar enam ribu spesies tanaman di Bumi, tapi hanya kurang dari 200 yang bisa dikonsumsi. Bahkan, menurut data FAO, hanya sembilan spesies saja yang selama ini menjadi sumber pangan dunia.


"Hilangnya keanekaragaman hayati bagi pangan dan pertanian sangat mengancam dalam memberi makan penduduk dunia yang terus bertambah. Kita perlu menggunakan biodiversitas yang bersinambungan supaya dapat menanggapu perubahan iklim dan memproduksi pangan dalam cara yang tidak merugikan alam lingkungan," kata direktur FAO Jose Graziano da Silva.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA