Senin, H / 13 Mei 2024

Hari Kanker Sedunia

Selasa 04 Feb 2020 11:53 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA – Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day dirayakan setiap tanggal 4 Februari untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, juga pengobatan kanker.


Tahun ini, Hari Kanker Sedunia mengusung tema "I Am and I Will", yang artinya sebagai komitmen dalam diri untuk melakukan sebuah tindakan. Mengubah masa depan yang terbebas dari penyakit kanker.


Penderita kanker sering mendapat diskriminasi, mulai dari dihakimi karena punya gaya hidup 'kurang jelas', dianggap menular, dan lainnya. Sehingga banyak penderita kanker yang justru menutup diri karena malu.


Padahal, hal ini akan menghalangi deteksi dini kesadaran tentang pencegahan kanker bagi mereka yang tinggal di lingkungan si penderita. Hal ini juga akan meningkatkan jumlah kematian akibat kanker.


<more>


Kanker bisa di cegah dengan menerapkan gaya hidup sehat, diet seimbang, olahraga dan mengatur berat badan. Selain itu, salah satu cara mencegah kanker adalah dengan mengantisipasi radikal bebas berlebih yang dapat masuk ke tubuh kita.


Adapun orang yang tetap bertahan hidup jalani dengan bahagia, dan memberikan ‘wejangan’ sebagai penguat diri, di antaranya:


“Support adalah salah satu dari obat yang luar biasa, support bukan membuat mereka terkekang dengan melarang agar tidak melakukan apapun, tapi memberikan mereka kepercayaan dan perlindungan. Agar mereka bisa pulih seperti biasanya. Bukan melihat mereka dari kelemahannya tapi melihat mereka untuk jadi lebih kuat.” - @cak.son




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA