Minggu, H / 28 April 2024

Polisi Istanbul Tangkap Pemimpin Sekte, Harun Yahya

Kamis 12 Jul 2018 12:05 WIB

Titin Nuryani

Adnan Oktar

Foto: twitter.com


Polisi Istanbul menahan Harun Yahya alias Adnan Oktar dan para pengikutnya dalam operasi pemberantasan sindikat kriminal di lima provinsi Turki

ESQNews.id, ISTANBUL – Kepolisian Istanbul menahan pemimpin sindikat kriminal, Adnan Oktar, Rabu (11/7).

Oktar, yang dikenal publik sebagai ‘Adnan Hoca’ adalah seorang khatib yang sering muncul di televisi. Di luar Turki, Oktar juga dikenal dengan nama Harun Yahya.

Dilansir dari Anadolu Ajansi, Polisi Turki juga melancarkan operasi penangkapan 235 orang lainnya yang diduga terlibat dalam sekte pimpinan Oktar tersebut.

Menurut Informasi yang didapat, satuan polisi Istanbul yang menangani kejahatan keuangan, memulai operasi penahanan terhadap para anggota Adnan Oktar terkait dugaan keanggotaan dalam sindikat kriminal tersebut.

Sindikat tersebut dituduh terlibat dalam kegiatan-kegiatan kriminal seperti mendirikan organisasi dengan niat jahat, pelecehan seksual anak, hubungan seksual dengan anak di bawah umur, penculikan, penahanan anak di bawah umur, pelanggaran hukum prosedur perpajakan, dan pelanggaran undang-undang anti teror.



Polisi membekuk Oktar di vilanya di Cengelkoy, Istanbul. Oktar lalu dibawa ke rumah sakit untuk menjalani tes kesehatan.

Hingga kini sebanyak 72 tersangka telah ditahan dalam operasi yang digelar untuk pemberantasan sindikat itu di lima kota.

Oktar memiliki sebuah kanal televisi bernama A9, di mana dia juga menjalankan acara yang membahas tentang agama dan isu-isu sosial lainnya.

Adnan Oktar diketahui selalu dikelilingi oleh banyak wanita yang telah melakukan operasi plastik. Dia memanggil wanita-wanita tersebut dengan sebutan 'Kittens' atau ‘anak-anak kucing’.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA