Minggu, H / 12 Mei 2024

Mendunia! Pelatihan ESQ Masa Persiapan Pensiun untuk Kementerian BUMN di Singapura & Batam

Rabu 10 May 2023 22:00 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, SINGAPURA - Telah berlangsung Training ESQ Masa Persiapan Pensiun (ESQ MPP) untuk Kementerian BUMN selama 5 hari dari pagi hingga sore pada tanggal 2-6 Mei 2023, secara Oflline di Batam (Hotel Harris Batam Center) & Singapura.


Kegiatan ini dilaksanakan untuk persiapan Para pegawai Kementerian BUMN yang akan memasuki masa pensiun.


Acara di buka oleh Chairiah (Kepala Biro Perencanaan, Organisasi dan Kepegawaian Kementerian BUMN).


"Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan. Pertama, menghadapi masa pensiun ini adalah suatu hal lumrah atau rutin sebagaimana proses dari lahir sampai bekerja dan pensiun, itu adalah lumrah."




Lebih lanjut, "Orang kalau bekerja ada masa produktif dan pensiun, kita harus menghadapi dengan tetep semangat."


"Kedua, suatu keberkahan. Dalam kerjaan ada dalam tekanan. Hal yang gak mungkin dibikin mungkin. Jadi kita memutar otak. Bekerja itu ada tekanan dan stres, nah kita mau release," kata Chairiah. 




"Pensiun bukan berarti tanggung jawab lepas, tapi prinsip saya itu pensiun tidak dipanggil panggil oleh kejaksaan. Kita bisa menghadapi masa pensiun dengan tenang," sambungnya.


Sedangkan yang Ketiga, katanya selama ini kita kehilangan momen sosialisasi dengan tetangga, kegiatan sosial, kita kehilangan karena terikat dengan pekerjaan. Jadi setelah pensiun, kita bisa ada di momen itu.




"Terakhir paling penting, ketika pensiun, kita mendekatkan diri pada yang Maha Kuasa. Perjalanan mudik kita (ke syurga), menjadi manusia lebih baik, bersama orang tidak membuat kesalahan baru. Momen pensiun itu momen mendekatkan diri pada Tuhan," jelasnya.


<more>




Dilanjutkan lagi sambutannya, "Apa yg bisa kita lakukan di lingkungan kita dengan semangat, berkarya. Tidak usah takut kehilangan rezeki yg sudah digariskan oleh Yang Maha Kuasa."


"Terima kasih bapak ibu yg hadir di sini, mudah mudahan yg disampaikan dari ESQ bisa kita resapi dan ambil manfaat, berguna untuk pensiun dua tahun lagi," tutupnya.




Selanjutnya, materi pelatihan dipaparkan langsung oleh trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian yakni Coach Risman Nugraha dan Coach Gerry Yufourta.


Mereka memandu 13 orang (level Staff dan Eselon 2).


"Kegiatan training berjalan dengan sangat baik, peserta beserta pasangan mendapatkan materi terkait kesiapan Mental, Financial & Kesehatan pada hari pertama. Pada hari kedua & ketiga peserta melakukan kegiatan fieldtrip ke lokasi-lokasi kunjungan usaha untuk mendapatkan contoh pengalaman langsung dari para pelaku usaha. Peserta sangat antusias & aktif bertanya kepada para pengisi materi," kata Gerry.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA