Senin, H / 13 Mei 2024

Pembunuhan Ulama di Zaman Penjajahan Jepang

Rabu 01 Aug 2018 11:14 WIB

Singgih Wiryono

Pasukan Tentara Jepang

Foto: Istimewa

BPUPKI di masa pemerintahan Jepang, dan kemerdekaan diraih saat Jepang berkuasa atas Indonesia.


ESQNews.id, JAKARTA - Salah satu ulama yang dikenal gigih dalam mengusir penjajah di Indonesia adalah Zainal Mustafa. Ulama yang vokal memperjuangkan kemerdekaan ini berakhir dengan hukuman mati oleh pemerintahan Jepang setelah berjuang melakukan pemberontakan yang dikenal dengan Pemberontakan Singaparna.


Ada banyak sisi menarik dari masa lalu Jepang dan Indonesia. Banyak yang mengatakan, Jepang datang ke Indonesia untuk membantu kemerdekaan negara-negara Asia dari kolonialisasi bangsa Barat. Beberapa bukti diantaranya adalah terbentuknya BPUPKI di masa pemerintahan Jepang, dan kemerdekaan diraih saat Jepang berkuasa atas Indonesia.


Tidak semua hal bisa dikatakan benar. Jepang juga dikenal kejam saat menduduki Indonesia, kerja paksa seperti Romusha adalah jejak sejarah yang tidak bisa dibantah akan kekejaman Jepang saat menduduki Indonesia. Kerja paksa itu memakan banyak korban. Tidak hanya itu, beragam kejahatan seperti pemerkosaan, penculikan dan pembunuhan dilakukan untuk melanggengkan kekuasaannya lebih lama di Nusantara.


Latar belakang itulah yang membuah salah satu ulama dari Tasikmalaya, Kiai Zainal Mustafa menggalakkan perlawanan atas Jepang. Walaupun harus berakhir dengan syahid hukuman mati pemerintahan Jepang atas Kiai Zainal Mustafa.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA