Jumat, H / 29 Maret 2024

Berjumpa Para Pemurah

Kamis 14 Jul 2022 10:48 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dokumen Pribadi Mushlihin

Oleh: Mushlihin


ESQNews.id, JAKARTA - Jumat Kliwon adalah di antara nikmat yang paling besar buat saya. Sebaik-baik hari yang terbit matahari itu saya berjumpa sebaik-baik manusia.


Rasulullah bersabda, "Sebaik-baik manusia ialah yang banyak memberikan manfaat kepada orang lain."


Ahli hikmah pun berkata, "Bertemu wali Allah (ulama dan orang saleh) dapat menghilangkan kesusahan."


Namanya Pak Hasan. Pria berjenggot hitam ini merelakan tanahnya untuk dijadikan masjid. Lagian pria yang mengaku keturunan Cina tersebut rutin mengundang khotib dan menjamunya.


Sebab orang yang mendustakan agama yaitu tidak menganjurkan dirinya untuk memberi makan orang miskin. Selain itu Nabi Ibrahim ditanya. Apa yang menyebabkan engkau dijadikan Nabi pilihan? Saya tidak akan makan siang atau malam kecuali bersama tamu. Jawabnya.


Sesudah makan saya berdoa, “Ya Allah! Berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makanan kepada saya dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepada saya.”


<more>


Selanjutnya saya berjumpa Pak Yusuf ketika hendak pulang. Warga negara Malaysia yang sedang mengunjungi keluarga di Indonesia ini menghadiahi saya uang. Pria berbusana merah itu pun menyerahkan kemeja putih. Saya terima pemberiannya.


Saya membaca hadis yang diriwayatkan Ahmad, "Barang siapa diberi oleh saudaranya dengan tidak meminta dan tidak berlebih-lebihan, hendaklah diterima alias jangan ditolak. Sesungguhnya yang demikian itu pemberian yang diberikan Allah kepadanya."


Sekali lagi semoga para pemurah hidup mulia. Sebagaimana Abu Hurairah menukil keterangan Rasulullah. Senang memberi (makan, minum, baju, dan uang) akan memperoleh derajat kemuliaan di akhirat.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA