Senin, H / 13 Mei 2024

Ambil Keputusan dengan Mempertimbangkan IQ, EQ dan SQ

Selasa 07 Jan 2020 11:32 WIB

Author :Redaksi

ilustrasi

Foto: getty images


ESQNews.id - Saat ini dunia mengalami perubahan yang cepat dan tak terduga. Sebagai pengusaha, situasi ini membuat saya harus cepat dan tepat dalam mengambil keputsan agar tetap bertahan menghadapi kerasnya persaingan di dunia bisnis. Saya ingin keputusan yang saya ambil adalah hasil dari penggabungan IQ, EQ, dan SQ, bukan hanya IQ seperti yang selama ini saya lakukan. Bagaimana caranya agar saya dapat melakukan itu?


Ary Ginanjar menjawab:

Dalam proses pengambilan keputusan, kita harus mempertimbangkan tiga modal yang kita miliki. Pertama, modal fisik (intellectual capital) berupa uang, materi, dan bahan. Kedua, modal emosi (emotional capital), seperti kondisi sosial masyarakat dan suasana perusahaan.

<more>

Ketiga, modal spiritual (spiritual capital). Pengambilan keputusan yang hanya berorientasi pada modal intelektual dan mengabaikan dua modal dasar lainnya yaitu modal emosi dan spiritual, hanya akan menghasilkan keputusan yang pincang. Begitu pula halnya, jika hanya mendasarkan pada modal spiritual belaka, maka akan menghasilkan keputusan yang tidak logis. Intinya, sebuah keputusan harus memanfaatkan ketiga modal tersebut agar mendapatkan keseimbangan.


Modal spiritual harus dijadikan sebagai landasan utama dalam mengambil keputusan agar keputusan yang dibuat adalah bentuk pengabdian kepada Sang Pencipta. Setelah itu, gunakan modal emosional agar keputusan yang dibuat sesuai dengan kondisi perusahaan dan lingkungan sosial. Terakhir, gunakan modal intelektual sehingga keputusan yang dihasilkan tetap logis (reasonable).


Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada. (QS Al-Hajj (22): 46)


Artikel ini telah terbit di Buku "Mengapa ESQ".


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA