Jumat, H / 29 Maret 2024

Kenapa Kita Harus Mendongeng? Ini Kata Nadiem Makariem

Jumat 19 Mar 2021 10:21 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makariem

Foto: Instagram

"Great stories happen to those whso can tell them"- Ira Glass.


ESQNews.id, JAKARTA – Kalimat ‘Happy World Storytelling Day’ atau ‘Selamat Hari Dongeng Sedunia’ marak disebarkan oleh publik setiap tanggal 20 Maret.


Hari Mendongeng Sedunia juga dijadikan pengingat untuk anak dan orang tua agar dapat memberikan dan mengambil nilai-nilai dalam sebuah dongeng.


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makariem, pun menjelaskan bahwa mendongeng adalah cara untuk membangun imajinasi anak yang tentunya berguna untuk tumbuh kembang si kecil di masa depan.


<more>


Salah satu warganet pun mengiyakan akan hal itu. Inda Nur Farida berharap semoga peringatan ini jadi awal yang baik untuk perkembangan kemampuan literasi anak.


Indonesia sendiri punya banyak sekali dongeng nusantara berupa fabel dan cerita rakyat (folklore) yang semuanya sarat makna, mengandung pesan moral dan pendidikan karakter pastinya baik untuk anak.


“Saya sendiri termasuk yang menikmati sekali didongengi waktu kecil dan seneng banget baca buku kumpulan cerita rakyat.”


Lalu, sejak kapan baiknya mendongeng dilakukan?


Jawabannya sejak dalam kandungan. Karena itu sangat baik untuk perkembangan janin. Jadi sejak indra pendengaran mereka mulai berfungsi di dalam kandungan, dianjurkan untuk para ibu agar sering mendongeng/bercerita.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA