Minggu, H / 12 Mei 2024

5 Tokoh Arsitek Indonesia

Rabu 18 Mar 2020 10:14 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: business2community.com

ESQNews.id, JAKARTA – Setiap tanggal 18 Maret menjadi hari yang bersejarah khususnya untuk bangsa Indonesia. Yaitu memperingati Hari Arsitektur Indonesia. Untuk mengenang jasa para arsitek yang telah berperan dalam merancang dan membangun negara.


Peran para arsitek Indonesia tidak dapat dipisahkan dalam pembangunan negara. Berikut 5 arsitek tanah air menurut beberapa sumber:


Frederich Silaban

Seorang arsitek otodidak generasi awal di Indonesia. Lakukan pembangunan landmark ikonik, Masjid Istiqlal dan Monumen Nasional.

Ridwan Kamil

Arsitek yang karyanya sudah diakui dunia. Beberapa rancangan desainnya yang terkenal seperti Museum Tsunami Aceh, Masjid Al Irsyad, Bandung. Kemudian Masjid Ar-Rohim, Menara 165, Cilandak.

Tak hanya dalam negeri, namun maju ke internasional. Seperti rancangan waterfront Marina Bay Singapura, Waterfront Shao Xing China dan sebagainya.




Soejoedi Wirjoatmodjo

Arsitek Indonesia yang merancang Gedung DPR/MPR. Ia juga pelopor pemasyarakatan arsitektur modern di Indonesia melalui karyanya. Sebagai penggagas pembukaan sekolah-sekolah arsitektur di beberapa daerah.

Maulana Murdan

Kita mengenal seorang arsitek Indonesia yang bekerja di perusahaan desain dan konsultasi global di San Francisco. Yang ikut membangun Menara Telkom di Jakarta.

Dailana Suryawinata

Tak hanya para lelaki yang handal dalam bidang arsitektur. Indonesia juga memiliki arsitek perempuan yang karyanya mendunia. Dialah, yang dikenal dengan arsitektur urban plannernya.

Dailana juga mendirikan SHAU Indonesia (Studio for Hope in Architecture and Urbanism) di Bandung.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA