Selasa, H / 14 Mei 2024

Anak Berusia 4 Tahun Keracunan Daun Bahagia (Dieffenbachia)

Kamis 27 Jun 2019 11:51 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Daun atau Bunga Bahagia (Dieffenbachia)

Foto: Youtube

ESQNews.id, JAKARTA – Tanaman atau daun adalah salah satu makhluk hidup ciptaan Tuhan dengan segala keindahan, kenyamanan, kesejukan. Salah satunya tanaman hias di pekarangan rumah yang dikenal dengan daun bahagia atau dieffenbachia.


Namun siapa sangka daun bahagia itu bisa menimbulkan suatu masalah. Menurut berita dari Negeri Jiran, ada anak berusia 4 tahun yang keracunan akibat menggigit tanaman. Bibirnya kejang-kejang dan mulut susah menutup sehingga air liur terus keluar sangat deras.


Daun bahagia itu menurut jamuin.com mengandung kristal kalsium oksalat berbentuk jarum bisa menyebabkan gatal-gatal maupun kejang pada bibir dan lidah. Ketika daun masuk ke rongga mulut dan dikunyah dapat mengakibatkan iritasi mulut, air liur yang berlebihan, mati rasa dan mengalami pembengkakan. Bisa menyebabkan gangguan pernapasan hingga  kematian.

 

Padahal daun bahagia ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan yaitu:

- Hampir semua perabotan rumah yang terbuat dari kayu menggunakan zat Formaldehida dan zat berbahaya lainnya. Zat kimia pada furniture ternyata mengeluarkan racun di ruangan kita. Manfaat daun bahagia untuk ruangan dapat menyerap zat beracun, dan kemudian melepaskan oksigen segar.

- Membersihkan udara dari zat Xylene, Toluene, dan zat beracun dari asap rokok.


- Menyerap zat kimia berbahaya yang berasal dari produk pembersih rumah tangga.


- Meningkatkan iklim dalam ruangan, dan mampu mengurangi jumlah bakteri dalam ruangan. Mampu menonaktifkan Aureus dan beberapa mikroorganisme lainnya.


- Membantu penderita alergi. Karena tanaman ini dapat membuat kelembaban ruangan meningkat dan debu jauh lebih sedikit.


- Memancarkan energi positif yang dapat mempengaruhi aktivitas mental.


- Mengurangi ionisasi udara dan mengurangi radiasi elektromagnetik yang muncul dari perangkat elektronik.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA