Senin, H / 29 April 2024

Penilaian Manusia Apakah Penting?

Senin 20 Dec 2021 08:06 WIB

Reporter :EDQP

Ilustrasi

Foto: freepik

Oleh : Lina Maryani


ESQNews.id, JAKARTA Sangatlah lucu apabila penilaian manusia menjadi tolak ukur untuk menilai baik atau buruknya seseorang dan untuk menilai banyak atau sedikitnya amal seseorang yang hanya bermodalkan apa yang ia lihat oleh matanya. Namun, tidak dipungkiri di zaman globalisasi saat ini banyak sekali manusia yang mencap baik atau buruknya seseorang hanya bermodalkan melihat instastory dan postingan media sosial. Menurut saya hal tersebut adalah salah besar.


Lalu apakah penilaian manusia itu penting ? Tentunya TIDAK. 


<more>


Tidak ada yang berhak menilai seseorang menggunakan kacamatanya sendiri. Islam itu mengajarkan dan mendidik seorang hambanya untuk mengintrospeksi diri sendiri dan bukan sibuk mengintrospeksi orang lain apalagi untuk menilai baik atau buruknya orang lain karena apa yang dilihat belum tentu seutuhnya benar. 




Perlu diketahui bahwa tujuan kita hidup di dunia adalah “mardhaatillah” (ridha Allah, dicintai Allah). Allah pun menegaskan dalam QS. Al-Bayyinah: 5 “Dan mereka tidaklah disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat serta menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”


Sungguh sangatlah melelahkan mengejar penilaian manusia yang belum tentu sesuai dengan standar pemikiran dari manusia itu sendiri apalagi manusia diciptakan dengan sifat dan watak yang berbeda-beda, dan tidak mungkin kita mampu untuk berbuat kebaikan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh semua manusia.


Oleh sebab itu cukuplah Allah ridha atas kebaikan yang telah kita perbuat dan jangan pedulikan penilaian dari manusia, karena berbuat baik untuk mendapatkan penilaian manusia adalah perbuatan yang sia-sia.


Fokuslah terhadap ridha Allah dan lakukanlah semua kebaikan karena Allah tanpa harus peduli oleh standar penilaian manusia, karena sesungguhnya kebaikan lillahi ta’ala yang telah diperbuat selama hidup akan menjadikan ladang amal yang akan menyelamatkanmu di akhirat kelak.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA