Sabtu, H / 25 Oktober 2025

Pemkot Palembang Gelar Training Service Excellent Wujudkan ASN BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa

Rabu 22 Oct 2025 08:25 WIB

Editor :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, PALEMBANG - Dalam rangka mewujudkan Reformasi Pelayanan Publik, Pemerintah Kota Palembang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang menyelenggarakan Training Service Excellent bekerja sama dengan ACT Consulting International.




Pelatihan yang berlangsung tanggal 14-15 Oktober di Hotel Airish Palembang ini diikuti oleh 130 peserta yang berasal dari berbagai instansi, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (20 orang), Puskesmas (42 orang), Kecamatan (18 orang), dan BKPSDM (14 orang).


Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, berintegritas, dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan nilai-nilai ASN BerAKHLAK dan Employer Branding “Bangga Melayani Bangsa.”




Dalam sambutannya, Walikota Palembang Drs. H. Ratu Dewa, M.Si. yang diwakili oleh Asisten III Setda Kota Palembang, Ir. H. Akhmad Bastari, ST., MT., IPM., ASEAN Eng, menyampaikan pesan agar seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Palembang terus menumbuhkan semangat melayani dengan ketulusan.


“Melayani dengan sabar, dengan hati yang tenang, dan buktikan dengan langkah nyata. ASN bukan untuk dilayani, tetapi melayani. Jadilah ASN profesional dan berkualitas, ASN yang dicintai masyarakat,” pesan beliau.




Pelatihan ini dibimbing oleh Coach Rendy Yusran, M.I.Kom, & Coach Andry Fallash SE., MM. Trainer lisensi Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian dari ESQ. 


Dalam sesi training, peserta dibekali konsep “ABC Model of Service Excellent”, yang meliputi: Heart of Service (pelayanan dari hati yang tulus), Appearance (penampilan yang sopan dan profesional), Behaviour (perilaku yang santun dan melayani), serta Respect & Humble Communication (komunikasi penuh hormat dan rendah hati).


Kepala BKPSDM Kota Palembang H. M. Yanuopan Yani, S.Sos., MM menyampaikan harapannya agar pelatihan ini menjadi langkah nyata dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Palembang.


“Kami ingin ASN Palembang menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik, sesuai visi Kota Palembang yang unggul, nyaman, dan berdaya saing,” ujarnya.


Dengan pelatihan ini, diharapkan seluruh ASN mampu mengimplementasikan nilai-nilai pelayanan prima dalam setiap interaksi dengan masyarakat, menjadikan Palembang sebagai kota yang tidak hanya maju, tetapi juga ramah dan berjiwa pelayanan.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA