Senin, H / 13 Mei 2024

Pecundangi Jerman, Korea Selatan Pulang dengan Dada Membusung

Kamis 28 Jun 2018 09:14 WIB

Singgih Wiryono

Penyerang Timnas Jerman, Thomas Muller menangis di akhir pertandingan Jerman vs Korea Selatan yang berakhir atas kemenangan Korea Selatan 2-0.

Foto: Google

Penampilan Korea Selatan memang tidak terduga. Di babak pertama, Korea bermain aman dengan pertahanan kokoh. Pertahanan tim asuhan Shin Tae Yong tak bisa ditembus Der Panzer hingga babak pertama berakhir.


ESQNews.id, MOSCOW - Tanpa diduga, Korea Selatan yang paling tidak diunggulkan di grup F Piala Dunia 2018 berhasil memukul juara bertahan piala dunia, Jerman. Pertandingan yang dilangsungkan pukul 21.00 WIB ini menjadi hadiah tersendiri tim negeri gingseng tersebut setelah dipastikan tidak bisa lolos ke babak 16 besar piala dunia.


Penampilan Korea memang tidak terduga. Di babak pertama, Korea bermain aman dengan pertahanan kokoh. Pertahanan tim asuhan Shin Tae Yong tak bisa ditembus Der Panzer hingga babak pertama berakhir.


Babak kedua, tempo permainan tidak berubah banyak. Jerman terus menyerang dan menciptakan peluang emas. Sayangnya, peluang-peluang tim asuhan Joachim Loe tersebut tidak menemui titik terang.


Baca juga: Training Penguatan Mental untuk Timnas U-19


Secara mengejutkan, di menit-menit terakhir Korea justru memberikan serangan yang membuat lini belakang Jerman kualahan. Hasilnya, Kim Young-Gwon berhasil menyontek bola liar hasil sepak pojok di depan gawang Jerman dan menembus benteng Neuer . 1-0 untuk Korea.




Berselang lima menit gool pertama, Neuer yang sudah frustasi ikut maju membantu serangan Jerman. Namun bola direbut lini belakang Korea Selatan dari kaki Neuer yang sudah berada di area lawan. Mudah saja bagi Son Heung-Min menyontek bola tanpa penjaga, 2-0 untuk Korea Selatan.


Hasil tersebut sekaligus memupus harapan Jerman menuju babak 16 besar piala dunia 2018. Jerman adalah juara bertahan keempat yang tersingkir di babak penyisihan grup di lima edisi Piala Dunia terakhir setelah Perancis di tahun 2002, Italia 2010, dan Spanyol 2014.


Hasil tersebut membuat Jerman dan Korea Selatan menjadi tim yang gugur di Grup F, sedangkan Meksiko yang dicukur Swedia 3-0 masih bisa meraih tiket 16 besar dari keunggulan poin.


Swedia    6

Meksiko  6

Korea       3

Jerman   3

Indra Sjafrie: Nama Besar Tak Jamin, Mental Juara Sangat Penting!


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA