Senin, H / 13 Mei 2024

Ini Pelatihan Timnas U-23 Indonesia yang Tidak Dilakukan Lawan

Rabu 27 Nov 2019 16:54 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

Ary Ginanjar berikan training ESQ pada Timnas U-23 yang akan berlaga di SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Foto: dok.ESQ

ESQNews.id - Beberapa hari sebelum pertandingan SEA Games di Filipina, Indra Sjafri —yang membawa Indonesia menjuarai Piala AFF U-19 tahun 2013—dan tim pelatih memonitor perkembangan para pemainnya yaitu Timnas U-23.

Minggu (17/11/2019), tim diberi pembekalan Emotional Spiritual Quotient atau ESQ oleh Ary Ginanjar Agustian. ESQ ini memadukan konsep kecerdasan intelektual (IQ) untuk mengelola fisik atau materi, kecerdasan emosional (EQ) untuk mengelola kekayaan sosial, serta kecerdasan spiritual (SQ) untuk mengelola kekayaan spiritual secara terintegrasi.


Sang pelatih Indra Sjafri mengungkapkan, “Program ESQ merupakan pelatihan kepemimpinan dan pengembangan kepribadian dengan tujuan membentuk karakter tangguh. Jadi akan membuat kami semakin percaya diri menatap SEA Games,” tegas Indra.



 

Timnas U-23 langsung mendapat lawan berat di ajang SEA Games 2019 di Filipina. Mereka jumpa Thailand pada laga perdana, Selasa (26/11/2019).

Pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri tidak hanya menyiapkan fisik dan taktik. Apalagi Thailand dikenal memiliki keduanya. Indonesia berusaha meredamnya dengan keseimbangan emosional dan spiritual.

<more>

"Sesi ESQ bersama Pak Ary Ginanjar. Membangun kepercayaan diri Timnas U-23, untuk menghadapi SEA Games," cuit Indra Sjafri di akun Twitternya, Senin (18/11/2019).

"Selain taktik, fisik, dan skill yang harus dikuasai, hati dan pikiran juga menjadi faktor penentu kemenangan. Doakan Timnas U-23 berhasil juara di Manila. Aamiin," lanjut Indra.


Pada SEA Games 2019 di Filipina ini, Garuda Muda berada di Grup B. Mereka bersua juara bertahan Thailand, tim yang sedang naik daun Vietnam dan Singapura, serta dua kuda hitam, Laos dan Brunei Darussalam.



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA