Selasa, H / 14 Mei 2024

Setahun Implementasi AKHLAK, BUMN Terima Rapor

Selasa 06 Jul 2021 14:43 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Dari kiri layar Erick Thohir bersama Ary Ginanjar Agustian

Foto: BUMN

ESQNews.id, JAKARTA – 1 Juli 2021, tepat 1 (satu) tahun AKHLAK diresmikan menjadi nilai-nilai Kementerian BUMN. Dalam berperilaku sehari-hari, setiap pegawai Kementerian BUMN harus dilandasi kepada nilai-nilai, kode etik dan kode perilaku Amanah, Kompeten, Harmoni, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

AKHLAK juga menjadi nilai inti (core values) di seluruh BUMN, sehingga dengan adanya standar nilai yang sama antara Kementerian BUMN dan BUMN akan meningkatkan soliditas dan kesamaan fundamental dalam mewujudkan tujuan yang sama: BUMN untuk Indonesia!

Budaya kerja atau core values AKHLAK diukur juga sebelum maupun setelah implementasinya. Berdasarkan hasil riset pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK yang telah dilakukan oleh ACT Consulting selama periode September 2020 – Juni 2021 terhadap 48 BUMN dan Anpernya. Dari riset dan kajian yang terus dilakukan diketahui Indeks Implementasi AKHLAK, yaitu sejauh mana nilai-nilai AKHLAK diimplementasikan baik yang dialami maupun yang diamati oleh para karyawan dalam perilaku kerja sehari-hari.

Hasil yang didapatkan dari Rata-rata indeks Implementasi AKHLAK di BUMN dan Anper ternyata cukup rendah (43.0%). Nilai tersebut berada di kategori C, artinya pegawai kadang-kadang mengimplementasikan AKHLAK dalam perilaku kerja sehari-hari.

<more>

Untuk itu, ACT Consulting menyarankan perlu dilakukan langkah intervensi implementasi AKHLAK agar terjadi peningkatan di tahun 2021.

Pada pengukuran tersebut juga didapatkan Tingkat Implementasi AKHLAK masing-masing nilai secara rata-rata di 48 BUMN.  Nilai AMANAH 43.3% (kategori C atau rendah), KOMPETEN 52.9% (kategori B atau cukup Sehat) , HARMONIS 37,5% (kategori C atau rendah), LOYAL 37,6% (kategori C atau rendah), ADAPTIF 36,7% (kategori C atau rendah), dan KOLABORATIF 50.3% (kategori B atau cukup Sehat).

Tingkat Implementasi AKHLAK paling rendah di BUMN saat ini adalah pada nilai ADAPTIF (36,7%), HARMONIS (37,5%) dan LOYAL (37,6%). Disarankan segera dilakukan internalisasi nilai ADAPTIF, HARMONIS, dan LOYAL melalui training maupun intervensi lainnya seperti gamifikasi, dll.




Setelah 1 tahun AKHLAK digulirkan, maka pada 14 Juli 2021 akan dilaksanakan AKHLAK Award untuk BUMN yang sudah melakukan pengukuran dan program Implementasi AKHLAK. Kegiatan ini sangat spesial karena akan dihadiri 4 mantan BUMN dan akan dibuka oleh Meneg BUMN Erick Thohir. Keempat mantan Menteri tersebut yaitu Mustafa Abubakar, Dahlan Iskan, Tanri Abeng, dan Sugiharto. Hal ini merupakan bentuk dukungan dan dan komitmen atas implementasi AKHLAK dalam budaya kerja di BUMN. 





Dalam melakukan pengukuran, riset, maupun seleksi ini, ACT Consulting tidak sembarangan. Expert dalam bidang transformasi budaya di ACT Consulting, Dwitya Agustina menjelaskan bahwa pengukuran yang dilakukan menggunakan metode yang teruji dan berkelas internasional. Metodologi riset ini dilakukan secara daring, dengan stratified random sampling, dengan memperhatikan validitas realiabilitas, di validasi melalui Focus Group Discussion.


*Riset ACT Consulting per Juni 2021

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA