Senin, H / 13 Mei 2024

Mengenal Sosok Jean Georges Noverre

Kamis 29 Apr 2021 10:42 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Jean Georges Noverre

Foto: commons.wikimedia.org

“Budaya tidak akan pernah berakhir selalu ada yang baru. Selalu ada bentuk kesenian yang baru, gerakan tari, lagu, lukisan. Budaya adalah kisah tanpa akhir” – Maisie Junardy


ESQNews.id, JAKARTA – International dance day (Hari Tari Internasional) merupakan perayaan tari secara internasional yang diciptakan oleh Komite Tari dari International Theatre Institute (ITI), mitra utama untuk seni pertunjukan UNESCO.


Peringatan Hari Tari Internasional ini berlangsung setiap tahun pada tanggal 29 April.


Tanggal tersebut dipilih sesuai dengan hari peringatan kelahiran Jean-Georges Noverre (1727-1810), sebagai pencipta balet modern.


<more>


Pada setiap tahun perayaan, seorang koreografer atau penari terkemuka diundang untuk menyampaikan 'Pesan Hari Tari Internasional' yang lantas dikirim ke penjuru dunia.


Pesan ini bertujuan untuk merayakan tari, bergembira dalam bentuk seni yang universal, melintasi batas hambatan politik, budaya dan etnis serta membawa semua orang larut dalam bahasa umum yaitu tarian.




Menurut akun BEM Undip, peringatan Hari Tari Internasional ini berusaha untuk mendorong partisipasi dan pendidikan dalam tarian melalui acara dan festival yang diadakan di seluruh dunia.


UNESCO secara resmi mengakui ITI sebagai pencipta dan penyelenggara acara. Setiap tahun sejak didirikan pada tahun 1982 ITI juga membuat acara unggulan di kota tuan rumah yang dipilih.


“Every day brings a chance for you to draw in a breath, kick off your shoes, and dance” Oprah Winfrey.




Pendaftran hub : Eggy ESQ (+6281319991165)


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA