Minggu, H / 28 April 2024

Kuatkan Fondasi ASN, Pemkab Beltim Launching Core Values BerAKHLAK

Kamis 30 Nov 2023 13:17 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, BELTIM – Untuk mewakilinya, Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group) kirimkan kadernya yang bernama Bramanto Wibisono dan Putra untuk hadir dan menjadi saksi atas prosesi Launching Budaya Kerja ASN BerAKHLAK di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim). Kegiatan berlangsung di Auditorium Zahari MZ, pada hari Rabu 29 November 2023.

Perhelatan ini menjadi salah satu pembuktian adanya keseriusan dari Pemkab Beltim dalam membangun fondasi budaya ASN yang berintegritas dan profesional.

"Sebelum digelarnya acara hari ini, telah berlangsung internalisasi sosialisasi budaya kerja ASN BerAKHLAK di Pemkab Beltim untuk para pejabat Eselon 2 dan fungsional. Alhamdulillah, acara berjalan dengan luar biasa. Kemudian saat launching dihadiri juga oleh para guru-guru," ungkap Pria yang biasa disapa Bram.




Bram, yang juga seorang pakar hypnotherapy ESQ bersertifikat BNSP itu sampaikan hal menarik selama kegiatan berlangsung.

"Menariknya adalah bahwa Belitung Timur memiliki satu slogan yaitu satu hati membangun negeri. Slogan itu akan berjalan dan tercapai apabila setiap ASN-nya memahami tentang nilai-nilai yang ada di dalam hatinya.

Nilai-nilai murni, nilai-nilai mulia yang tercantum di dalam BerAKHLAK. Dan nilai-nilai mulia inilah yang terimplementasikan di dalam perilaku-perilaku kerjanya," papar Bram.

Lebih lanjut, "Sehingga ketika ASN telah menjalankan nilai-nilai BerAKHLAK ini, maka visi misi Pemkab Belitung Timur yaitu satu hati membangun negeri akan tercapai."





Launching Budaya Kerja ASN BerAKHLAK ini ditandai dengan pemukulan gong oleh salah satu perwakilan Kepala Sekolah bersama Bupati Beltim Burhanudin didampingi Forkopimda Kabupaten Beltim, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim, Asisten III Bidang Administrasi Umum dan para Kepala Perangkat Daerah teknis terkait.

“Peluncuran Budaya Kerja ASN BerAKHLAK di Kabupaten Beltim ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN di Beltim, sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang berintegritas dan profesional,” ucap Aan sapaan akrab Burhanudin.


<more>


Dikatakan Aan, momentum ini tidak hanya sekedar launching atau pun sebagai sebuah jargon yang hanya menjadi hiasan saja, tetapi ASN berAKHLAK ini harus melekat dalam setiap diri pribadi ASN.

“Karena itu tidak mudah untuk merubah mindset dan paradigma kita walaupun secara keyakinan agama yang kita anut tentunya kita paham akan tanggung jawab dunia dan akhirat atas apa yang kita lakukan,” kata Aan.

Menurut Aan, BerAKHLAK yang mencakup beberapa nilai, seperti berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, menjadi pengingat agar ASN memiliki orientasi yang seragam dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.




"Setiap ASN harus mempunyai orientasi yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, melainkan harus mempunyai jiwa untuk melayani masyarakat," kata Aan.





Video selengkapnya ada di sini


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA