Senin, H / 13 Mei 2024

Investasi Jangka Panjang di Laut Indonesia

Senin 12 Jul 2021 12:09 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: ec.europa.eu

ESQNews.id, JAKARTA – Sebagai Negara Bahari, laut dan pantai adalah salah satu sumber daya terbesar di Indonesia yang jika diolah dengan benar bisa memberi dampak positif ke berbagai sektor, mulai dari sektor pangan, transportasi, pariwisata, bahkan hingga energy.

 

Namun sayangnya, kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya mengolah potensi laut secara optimal dan bertanggungjawab masih sangat rendah. Lalu bagaimana kita dapat menjaga laut Indonesia yang berperan penting dalam perekonomian kita? Berikut cara-cara menjaga laut Indonesia yang telah dirangkum oleh akun Xaham:

 

1.       Tidak membuang sampah sembarangan



<more>


2.       Menjaga biota laut dengan alat pancing ramah lingkungan




3.       Selektif dalam menangkap biota laut




4.       Tidak menyentuh terumbu karang saat wisata



 

Sebenarnya melindungi laut itu tidak susah, tidak ribet, dan juga tidak membutuhkan uang sepeser pun. Cuma butuh modal kesadaran diri, kita bisa berkontribusi dalam melestarikan laut dan kekayaan di dalamnya dari kerusakan.

 

Jika laut yang memenuhi 75% luas Indonesia ini dapat dilestarikan, tentunya hal ini akan menjadi investasi yang sangat berpotensi dalam jangka panjang untuk kita semua.


“Baik banget nih untuk kita belajar lebih peduli dan memperhatikan dampak jangka panjang yang mungkin harus kita hadapi.” – Xaham.id


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA