Senin, H / 29 April 2024

Fakta Unik Mudik 2019, Suhu Jakarta Sempat Menurun

Selasa 11 Jun 2019 10:22 WIB

Reporter :Redaksi

Cuaca menurun setelah para pemudik keluar wilayah Jakarta

Foto: timeanddate

ESQNews.id, JAKARTA - Banyak yang menganggap fenomena mudik lebaran di tahun 2019 menjadi fenomena tahunan yang sudah biasa. Juga warga Jakarta, tidak banyak perubahan kecuali jalanan yang lengang ditinggal para perantau pulang kampung.


Selain jalanan lengang, ternyata ada juga fakta unik yang terjadi di Ibukota Jakarta sesaat setelah para perantau mudik lebaran ke kampung masing-masing.


Faktau unik tersebut adalah cuaca di Ibukota Jakarta. Dilansir dari situs prakiraan cuaca timeanddate.com, perubahan cuaca selama masa mudik lebaran cukup signifikan. Perjalanan tahunan para perantau keluar Jakarta berhasil menurunkan suhu Jakarta hingga 2 derajat celsius.


Diperlihatkan infografis perubahan cuaca, tertanggal 29 Mei atau masa kerja di Jakarta masih aktif, suhu udara tertinggi hingga 34 derajat celcius. Di tanggal 30, atau libur hari kenaikan Isa Almasih sempat turun di angka 33 derajat celcius.


Perubahan signifikan jelas terlihat ketika arus mudik sudah mulai keluar dari Jakarta yakni di tanggal 1 dan 2 Juni. Bahkan di tanggal 2, suhu tertinggi Jakarta hanya berada di 32 derajat celcius. Padahal bulan Juni termasuk bulan puncak musim kemarau.


Memang tidak dijelaskan secara signifikan kenapa penurunan suhu tersebut terjadi. Namun demikian, secara logis bisa ditarik simpulan penggunaan perangkat elektronik di hari kerja dan kendaraan bermotor di Jakarta memiliki dampak secara tidak langsung terhadap peningkatan suhu di Jakarta.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA