Selasa, H / 14 Mei 2024

Dirgahayu DKI Jakarta Ke-494 Banjir Ucapan dari Warganet, Simak Sejarah Jakarta!

Selasa 22 Jun 2021 11:05 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Tangkapan Layar

Foto: Instagram @jktinfo

ESQNews.id, JAKARTA – Setiap tanggal 22 Juni diperingati sebagai hari jadi DKI Jakarta. Hari ini, di tahun 2021, Kota Megapolitan rayakan miladnya yang ke-494.

 

“Semoga selalu berbenah, semakin indah, dan senantiasa dicintai oleh masyarakatnya.” – Jakarta Info.

 

Adapun sejarah singkat tentang Jakarta menurut Jakarat Tourism:


Kota pelabuhan ini pada mulanya bernama Sunda Kelapa, namun pada 22 Juni 1527 Pangeran Fatahillah menghancurkan Sunda Kelapa dan sebagai gantinya mendirikan kota Jayakarta di area tersebut. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal berdirinya kota Jakarta.


Kota Jayakarta berkembang sebagai kota pelabuhan yang sibuk, dimana para pedagang dari Cina, India, Arab dan Eropa serta dari Negara-negara lainnya saling bertukar barang-barang/komoditi.


Tahun 1619, Pemerintahan Belanda (VOC) di bawah kepemimpinan Jan PieterszoonCoen menghancurkan Jayakarta dan dengan serta merta membangun kota baru yang terletak di bagian barat sungai Ciliwung, yang dia namakan Batavia, nama yang diambil dari Batavieren, nenek moyang bangsa Belanda.


Batavia direncanakan dan dibangun nyaris mirip dengan kota-kota di Belanda, yaitu dibangun dalam bentuk blok, masing-masih dipisahkan oleh kanal dan dilindungi oleh dinding sebagai benteng, dan parit. Batavia ini selesai dibangun pada 1650. Batavia tua adalah tempat tinggal bangsa Eropa, sementara bangsa Cina, Jawa dan penduduk asli lainnnya disingkirkan ke tempat lainnya.


<more>


Di masa-masa kejayaannya Batavia yang terkenal sebagai ‘Permata dari timur’, diduduki oleh VOC dan kemudain akhirnya diduduki pemerintah Belanda yang terbentang luas di kepulauan Hindia timur.


Kemudian pada masa penjajahan Jepang di tahun 1942, nama Batavia diganti menjadi Jakarta.


Dan berikut adalah antusisme warganet yang turut mengucapkan dan mendoakan kota yang pernah dijuluki kota Bajaj itu:








Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA