Senin, H / 29 April 2024

Cerita Buwas Pilih Kavling Kuburan Ketimbang Rumah

Rabu 18 Jul 2018 16:33 WIB

Singgih Wiryono

Direktur Utama Bulog, Budi Waseso (berkemeja putih) bersama CEO ESQ Leadership Center di Gedung Bulog, Rabu (18/7).

Foto: Istimewa

Setelah kaget mengetahui kavlingan itu adalah sebuah tanah kuburan, sang istri mengadu ke ibunda Buwas. Keanehan itu merebak ke keluarga besar Buwas hingga dikumpulkan seluruh keluarga untuk membicarakan tingkah aneh Buwas yang saat itu masih berpangkat Kombes Pol.


"Jadi semua keluarga dikumpulkan, saya kaget, saya kira ibu ada apa-apa. Eh sesampainya saya di rumah, justru orang-orang melihat saya (dengan pandangan) aneh."


Mengingat kejadian tersebut, dia kembali tertawa dan melanjutkan ceritanya. Sang ibunda sedikit marah lantaran di tradisi Jawa, tidak diperbolehkan membeli tanah kuburan sebelum ajal memang datang.


"Jadi Ibu saya yang masih memegang tradisi Jawa melarang itu, tidak boleh. Tapi saya memberikan pengertian, sebenarnya itu adalah sebuah persiapan. Mungkin kita tidak tau kapan kita meninggalkan dunia ini, tapi kita tau, kematian itu pasti," ujar dia.


Bukan tanpa alasan Buwas lebih memilih mendahului kavling tanah kuburan ketimbang rumah. Ada latar belakang sehingga Purnawirawan Komjen Polisi ini menimbang membeli kavling tanah kuburan.


<<<Sebelumnya // Selanjutnya >>>


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA