Selasa, H / 14 Mei 2024

Samurai, Ada 2 yang Dikuasai Oleh Ksatria Jepang

Kamis 07 Nov 2019 11:36 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: kaiya.co

ESQNews.id, JAKARTA – Samurai identik dengan negeri Sakura. Salah satu senjata berbentuk pedang para ksatria Jepang. Digunakan untuk perang maupun sekedar hobi mengasah kemampuan diri.


Samurai adalah ksatria elit jepang yang dikenal pemberani dan mahir dalam menggunakan pedang, namun sangat santun, setia, dan senantiasa berpegang teguh pada nilai etika dan moralitas.


Kehidupan para samurai diibaratkan seperti bunga sakura yang indah menawan namun berumur pendek. Karena itu samurai selalu mengingat kematian setiap saat. Hal itulah yang membuat mereka selalu menjaga diri dan pikirannya dari hal yang tidak pantas dan senantiasa melakukan yang terbaik di sepanjang kehidupannya.


<more>


Ada dua yang harus dikuasai seorang Samurai, yaitu KEN atau alat dan skill ilmu pedang, serta DO atau jalan berpikir dan jalan hidup seorang Samurai.


Yang paling berbahaya bukanlah pedangnya, karena ia hanya benda mati. Yang paling berbahaya adalah jalan berpikir atau DO-nya.


Itulah sebabnya seorang Samurai harus berlatih dan menguasai ilmu hati dan pikiran atau DO (EQ dan SQ) sebelum menguasai ilmu pengetahuan pedang atau KEN (IQ).


"Mana yang lebih kamu pelajari di sekolah selama ini ? KEN atau DO ? Saat ini kita belajar KEN yang lebih hebat lagi yaitu AI (Artificial Intelligence), tapi tanpa DO (ESQ), maka AI bisa membahayakan umat manusia," papar Ary Ginanjar Agustian, Samurai DAN lll Battodo Nakamura Ryu dalam IG-nya pada (7/11).


Setuju ?


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA