Senin, H / 29 April 2024

UNESCO Tetapkan Batik Sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda

Jumat 02 Oct 2020 10:21 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Indonesia, negara yang beranekaragam suku bangsa, adat, budaya, bahasa dan lainnya. Termasuk warisan berupa batik dari setiap wilayah.


ESQNews.id, JAKARTA –
 Indonesia adalah negara yang kaya dengan keberagaman kebudayaannya, salah satunya batik. Sebelum batik, United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) telah menyatakan wayang dan keris sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.



Oleh UNESCO batik ditetapkan sebagai warisan budaya dunia, tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2009.


UNESCO memasukkan batik dalam daftar representatif budaya tak benda warisan manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.


Menurut UNESCO, batik dinilai sebagai ikon budaya yang memiliki keunikan dan filosofi mendalam, serta mencakup siklus kehidupan manusia. Saat itu, setelah UNESCO resmi menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia tak benda.


<more>


Dalam pembuatannya batik penuh akan filosofis dan esensi yang terkandung didalam motifnya. Macam-macam batik tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Yaitu: Batik Cirebon, Yogyakarta, Aceh, Solo, Pekalongan, Bali, Betawi, Tegal, Banten, Kudus, Brebes, dan lainnya.


Selamat Hari Batik Nasional, Mari pandang batik dengan keluhuran, pakailah batik dengan bangga, dan cintai batik dengan sepenuh hati agar batik tetap lestari untuk Indonesia.


Yuk tunjukan pribadimu dengan batik, bahwa kamu adalah “Generasi Cinta Batik”.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA