Kamis, H / 16 Oktober 2025

Tips Komunikasi Dibidang Pelayanan

Selasa 30 Jul 2019 16:08 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Freepik

Dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran antar sesama merupakan tujuan utama dari komunikasi itu sendiri.



ESQNews.id, JAKARTA - Ada beberapa hal dalam berkomunikasi yang sering salah diterapkan, sehingga menimbulkan kesalahpahaman. 



Untuk itu, teknik komunikasi efektif perlu dipahami, terutama bagi orang yang berprofesi sebagai dokter, perawat, petugas rumah sakit atau frontliner lainnya, yang sering kali menghadapi customer dengan berbagai karakter.




- Seminar Powertalk Kupas Kunci Sukses Berkomunikasi

- Tips Komunikasi Agar Mempengaruhi Lawan Bicara


Adapaun tips jitu dari sang pakar komunikasi, Coach Rendy Yusran lisensi dari Ary Ginanjar Agustian Founder ESQ Menara 165. Melansir dari IG sang Trainer @rendyyusran (25/7), Ini tipsnya:


1. Berbicara dengan antusias dan sopan. Mendengar sekaligus menyimak apa yang diinginkan oleh customer membuat kita harus memberi tanggapan dengan cara yang efektif. Anda sebagai orang yang bekerja di bidang pelayanan harus memberikan feedback dengan antusias seolah Anda ingin membantu persoalan yang sedang customer hadapi.


2. Berikan pertanyaan umum yang bersifat terbuka. Coba sapa mereka dengan senyuman dan pertanyaan umum seperti "Ada yang bisa saya bantu, bapak/ibu?" dengan begitu customer pun merasa nyaman untuk menceritakan keluhan tanpa harus merasa terintimidasi.


3. Bahasa tubuh yang baik. Ketika Anda sedang berkomunikasi dengan lawan bicara, gunakanlah bahasa tubuh yang baik, agar lawan bicara merasa nyaman. Dengan begitu, proses komunikasi yang Anda jalin bersama lawan bicara pun lancar dan efektif.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA