Senin, H / 13 Mei 2024

Islamic Book Fair (IBF) Kembali Digelar, Pengunjung Padati Istora Senayan Jakarta

Sabtu 23 Sep 2023 12:14 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Perhelatan Islamic Book Fair (IBF) 2023 kembali digelar dan selalu menarik perhatian banyak pencinta buku setiap tahunnya. IBF berlangsung sejak Rabu hingga Ahad tanggal 20-24 September di Istora Senayan Jakarta.

Di samping menghadirkan banyak pilihan buku, ada beberapa hal menarik lain yang turut disediakan dalam gelaran IBF ke-21.

Bagi pencinta buku, IBF 2023 selalu menjadi momen yang tepat untuk menambah koleksi buku. Alasannya, selain menyediakan banyak jenis dan genre buku, IBF 2023 juga menghadirkan beragam diskon dan penawaran menarik. Tak jarang, para perusahaan penerbit buku menggelar flash sale pada waktu-waktu tertentu.

Di samping ragam penawaran buku yang menarik, gelaran IBF 2023 juga turut diramaikan dengan beberapa kegiatan dan fasilitas menarik yang bisa ditemukan oleh pengunjung. Berikut ini adalah tujuh hal menarik di antaranya Talkshow dan Penandatanganan Buku, Haula Kids Zone, Photo Booth, Simulasi Manasik Haji, Pembacaan Dongeng, Pameran Artefak, Kuliner.



Sedikit info, Pameran buku Islam terbesar se-Asia Tenggara ini diramaikan oleh 71 perusahaan penerbit buku dan 33 perusahaan multiproduk. Ada total 191 stan pameran yang bisa disambangi oleh para pengunjung selama berada di IBF 2023.

Dari total 191 stan, sebanyak 124 stan akan diisi oleh peserta dari perusahaan penerbit buku. Sedangkan 55 stan lainnya diisi oleh perusahaan multiproduk dan 12 stan sisanya diisi oleh media dan sponsor.

Tak lupa, menurut media yang beredar, acara ini juga turut dimeriahkan dan dihadiri oleh sejumlah tokoh terkemuka di Tanah Air seperti Ketua Umum Tanfidziyah PBNU KH. Yahya Cholil Staquf hingga mantan Menteri Agama seperti Prof Dr M. Quraish Shihab, Lukman Hakim Saifuddin, turut ambil bagian pada acara IBF 2023 ini.

Tak hanya itu, tokoh-tokoh nasional lainnya, ustadz, ustadzah, hingga penulis best-seller di Tanah Air, juga hadir. Mereka antara lain Sekjen PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti, mantan Ketua Baznas RI KH. Didin Hafidhuddin, Rektor Unisda Gontor KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, Pengasuh PP Al Hamidiyah Depok KH. Oman Fathurrahman, pakar sejarah Islam Ust. Budi Ashari, KH. Amir Faishol Fath (muballigh), KH. Adian Husaini (pengasuh PP At-Taqwa Depok), KH. Tubagus Dadang Dahlani (Pengasuh PP Turos Pandeglang), Aisah Dahlan (muballighah), dan Elly Risman (Psikolog).

Selain mereka, ada pula penulis novel terkemuka di Tanah Air seperti Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, dan banyak lagi. Helvy dan Asma Nadia akan Bersama-sama membahas salah satu karya mereka, yakni Jomlo Fi Sabilillah yang diterbitkan Republika Penerbit.

Kehadiran para tokoh-tokoh ini menunjukkan bahwa pameran ini selalu menjadi aspirasi bagi khalayak. Selain itu, pameran ini juga menjadi ajang bertemunya para penerbit, pembaca, penulis, illustrator, layouter, desainer, pembuat sampul, serta pihak pemerintah.

Ketua Panitia Islamic Book Fair (IBF) ke-21 Tahun 2023, Abdul Hakim menjelaskan, pada perhelatan IBF ke-21 ini, pihaknya mengetengahkan tema “Berakhlak dan Berprestasi dengan Literasi Islami.”

Tema ini, kata dia, menginspirasi panitia agar selalu mengedepankan akhlak mulia dalam perjalanan kehidupan bangsa dengan prestasi terbaik.

"Akhlak bisa didapatkan, prestasi juga bisa di punyai. Tapi apa dasarnya? Maka literasi Islam berdasarkan kepada wahyu dan Rasulullah SAW, jejak para sahabat akan jadi menjadi bagian penting akan membentuk sebuah sebuah sikap yang berakhlak dan berprestasi," kata Hakim, saat membuka acara.


<more>


Tak bisa dipungkiri, pada hari terakhir pameran buku Islam terlengkap dan terbesar se-Asia Tenggara ini telihat antusiasme pengunjung cukup ramai dan padat. Banyak dari mereka yang merupakan pelajar dari berbagai sekolah, pesantren hingga masyarakat umum. Pengunjung yang hadir dalam IBF 2023 tampak memenuhi berbagai booth penerbit buku. Sejumlah stand menawarkan diskon besar-besaran hingga 85%.

Para pelajar yang hadir dalam IBF 2023 tampak memenuhi berbagai booth penerbit buku. Para pelajar tersebut tampak melihat-lihat dan memilih buku yang mereka sukai dengan antusias.

Hal itu pula yang dilakukan oleh siswi kelas XI dari Insantama Bogor, Alma dan Amira. Suasana IBF 2023 yang sangat ramai tak menyurutkan semangat keduanya untuk mengeksplorasi area pameran buku.

Alma dan Amira menilai penyelenggaraan IBF 2023 dapat menumbuhkan minat dan semangat membaca di kalangan para pelajar. Alasannya, penyelenggaraan IBF 2023 sangat ramai dan diisi dengan beragam acara menarik. Selain itu, IBF 2023 juga menghadirkan banyak pilihan buku dengan kover atau sampul buku yang menarik perhatian. "Banyak sekali pilihan buku, jadi tertarik untuk membacanya," kata Alma.

Alma mengungkapkan bahwa jenis buku yang paling dia sukai saat ini adalah novel, khususnya novel-novel karya Tere Liye. Sedangkan, Amira lebih menyukai jenis buku self improvement dan novel dengan latar belakang sejarah. "Saya suka novel yang mengambil latar belakang tentang sejarah tetapi dibikin fiksi," ujar Amira.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA