Minggu, H / 28 April 2024

ISEF 2021, ESQ (Xaham.id) Bersama 6 Lembaga Ini Akan Bahas Cara Mendorong Skala Bisnis Pelaku Usaha Melalui Produk Keuangan Syariah

Selasa 05 Oct 2021 13:09 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: Tangkapan Layar

ESQNews.id, JAKARTA - Setiap tahunnya, Bank Indonesia menggelar sebuah event ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Indonesia. Event tersebut biasa dikenal dengan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF). Kegiatan kali ini, akan mengusung tema tentang Business Linkage Keuangan Syariah – Bulan Pembiayaan Syariah. 

Ada beberapa rangkaian acara dalam ISEF ke 8 tahun 2021 ini yakni Webinar dan Coaching produk keuangan syariah, Business matching (one on one meeting) dan Business deal.

Webinar dan Coaching akan digelar pada Kamis (7/10/2021) pukul 09.30 WIB s.d selesai melalui Zoom Meeting. Acara daring ini akan dihadiri oleh kurang lebih 500 orang dari berbagai kalangan seperti pelaku usaha, anggota IKRA, binaan mitra strategis yang telah mendaftar sebelumnya dan lain-lain. 



Di awal sesi, ada sambutan dari Direktur Grup Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah, Prijono. 

“Kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi gap antara sektor keuangan, terutama sektor keuangan syariah, dengan sektor riil. Sehingga dapat meningkatkan inklusi keuangan nasional,” katanya. 

Ia bersama tim juga berharap agar rangkaian kegiatan ini dapat meningkatkan literasi dan memperluas akses pelaku usaha terhadap produk dan jasa keuangan.

<more>

Event ini merupakan kolaborasi antara Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS), Ammana, ESQ Leadership Center dan Xaham.id.

Untuk itu, hadir juga beberapa narasumber yang akan memberikan Workshop Produk Keuangan Syariah yakni CEO PT Ammana Fintek Syariah, Trainer dan Konsultan ESQ (webinar dan coaching), Direksi PT BTPN Syariah (Produk Pembiayaan UMKM), Direksi PT Pegadaian Unit Syariah (Produk Investasi Emas dan Gadai Syariah), CEO PT Shafiq Digital Indonesia (Securities Crowd Funding untuk pelaku UMKM), CEO PT Dana Syariah Indonesia (Produk Pembiayaan UMKM), Direksi BPRS Rif’atul Ummah (Produk Pembiayaan UMKM), dan Ketua Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (Produk Asuransi Mikro Syariah SiBijak)

Saat sesi webinar dan coaching, para peserta akan dipandu langsung oleh Rinaldi Agusyana, trainer dan konsultan ESQ. Ia membawakan webinar dengan tema FINTECH BUSINESSS COACHING.  Di dalamnya akan membahas tentang Business 3 R (Reliable, Repeatable, Replicable) serta Business Mindset, Business Health Check, dan Business Matching.

Mengingat bagi pelaku usaha sumber modal dan pembiayaan menjadi salah satu kendala utama dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Namun demikian, masih banyak pelaku usaha yang belum memiliki informasi maupun akses yang memadai kepada berbagai produk dan jasa keuangan yang ditawarkan baik oleh lembaga keuangan seperti perbankan, institusi keuangan non-bank, fintech, maupun pasar modal. 

Oleh karenanya, acara ini dibuat sesuai dengan tema yang diusung yaitu bulan pembiayaan syariah guna untuk mendorong intermediasi keuangan syariah kepada pelaku usaha dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional. Tujuannya yakni meningkatkan awareness dan linkage pembiayaan antara institusi keuangan syariah (perbankan, IKNB Syariah, pasar modal syariah) dengan pelaku usaha syariah.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA