Senin, H / 13 Mei 2024

Hari Kehakiman Nasional, Siapa Sosok R. Supomo Itu?

Senin 01 Mar 2021 11:18 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: thestatesman.com

“Tegakkan keadilan tanpa pandang bulu”


ESQNews.id, JAKARTA - Hari Kehakiman Nasional diperingati pada 1 Maret tiap tahunnya. Di bulan Maret, pergerakan hakim menggelora yang mencapai momentumnya pada tahun 2012 dengan lahirnya Peraturan Pemerintah Nomor 94/2012 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim. Momen itu merupakan tonggak sejarah pengakuan negara untuk lebih memanusiakan profesi hakim.


Namun, tahukah kalian sosok yang menjabat Menteri Kehakiman pertama di Indonesia? Ia adalah R. Soepomo.


R. Supomo lahir pada 22 Januari 1903 di Sukohardjo, Solo. Ayahnya bernama Raden Tumenggung Wingyodipuro dan Ibunya yaitu RA Renak Wingyodipuro.


Pendidikan R. Supomo dimulai di ELS Solo (1917), MULO Solo (1920), Rechtshool Jakarta (1923), dan Universitas Leiden (1927) dengan predikat Summa Cumlaude serta memperoleh Gelar Doktor in de Rechtsgeleerdbeid.


Menurut Museum Perumusan Naskah Proklamasi, R. Supomo berkepribadian tenang, pendiam, banyak kerja, sopan, hormat, berwibawa dan cerdas. Beliau sangat dicintai dan dihormati karena budi pekertinya yang luhur. Sebagai seorang sarjana hukum, beliau selalu mengabdi diri baik dalam ilmu pengetahuan maupun dalam lembaga-lembaga penegak hukum.


<more>


R. Supomo juga turut hadir pada proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di JI. Imam Bonjol No 1. Setelah Indonesia merdeka beliau diangkat menjadi Menteri Kehakiman Rl yang pertama.


Ia wafat pada 12 September 1958 dan dimakamkan di makam Yosoroto, Slamet Riyadi Solo. Selama hidupnya beliau telah mengabdi pada bangsa dan negara serta sumbangan pemikiran pada ilmu hukum dengan karya-karya ilmiahnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA