Minggu, H / 28 April 2024

Di Rakernas Kementerian ATR/BPN, Ary Ginanjar Sebut AHY Jadi Model Ambidextrous Leadership

Kamis 07 Mar 2024 22:56 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Founder ESQ Ary Ginanjar Agustian diundang dan hadir langsung di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis 7 Maret 2024.


Hadir dalam Rakernas di antaranya Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, para pejabat pimpinan tinggi madya, para pejabat pimpinan tinggi pratama di pusat dan daerah, para pejabat administrator di pusat dan daerah Serta seluruh peserta acara Rakernas ATR/BPN yang lebih dari 1000 orang.




Sesuai dengan tema kali ini "Tata Kelola Pertanahan dan Tata Ruang yang Modern, Berintegritas dan Berstandar Dunia" Ary fokus ke dalam penguatan integritasnya.


"Dalam pidato Pak AHY, disebutkan tadi ingin merobohkan tembok sektoral, mendobrak batasan-batasan birokrasi. Dari situ saya melihat Pak AHY ini adalah pemimpin yang ambidextrous," ungkap Ary.


Hal ini disampaikan dalam paparan Ary, bahwa AHY mampu mengkombinasikan tiga gelar pendidikan master tetapi di saat yang bersamaan AHY menjadi tentara dan juga punya tugas-tugas kementerian.


"Satu sisi, Pak Menteri membangun grand why dan satu sisi lagi untuk memberantas korupsi. Untuk melakukan transformasi adalah ambidex, segala kekuatan untuk melakukan terobosan-terobosan baru lalu menjadi seorang multitasking," tuturnya.




Pria yang memiliki 17 perusahaan di bawah naungan ESQ itu memperjelas, kalau Ambidextrous kombinasi dari why-nya (harus grand why). Lalu yang kedua adalah growth mindset (can do spirit). 


Tugas selanjutnya adalah eksploitasi yakni jabatan yang sudah ada, manfaatkan struktur yang sudah ada. Di saat bersamaan melakukan eksplorasi (terobosan-terobasan baru yang tidak pernah terpikir selama ini di ATR/BPN). 


<more>


"Kalau ini terjadi maka insyaAllah target tercapai. So, dont limit your challenges, challenge your limit. Maka ini akan menciptakan perbedaan yang sangat kuat ambil keputusan hari ini sebelum terlambat. Lakukan saja apa yang kita tahu, maka Tuhan akan lakukan apa yang tidak kita ketahui.


Percayalah bangsa-bangsa yang besar dimulai dari orang-orang yang memiliki grand why, memiliki kepercayaan diri, memiliki kekuatan. Bangkitlah ATR/BPN, majulah menjadi yang terdepan," papar Ary.




Pendiri ACT Consulting International itu menambahkan, "Kesempatan hanya datang sekali setelah itu pensiun lalu mati. Tidak ada gunanya semua ini kalau kita tidak memberikan sesuatu kepada negara dan bangsa ini. 


Jadikan ini rakernas terbaik untuk Indonesia emas 2045 yang kita cita-citakan. Kita akan melihat anak cucu kita hidup sejahtera di bumi persada ini. Karena niatnya sudah grand why atau karena pengabdian kepada Tuhan itu tugas mulia."


"Saya doakan semua target tercapai dan berhasil menggebuk para mafia tanah," tutupnya.




Ditanggapi langsung oleh AHY dengan sumringah memberikan testimoninya.


"Saya mengucapkan terimakasih sekaligus mengapresiasi Dr. Ary Ginanjar sebagai Founder ESQ yang telah berkenan hadir di acara Rakernas jajaran ATR/BPN seluruh Indonesia. Pak Ary Ginanjar menyampaikan hal-hal yang fundamental tentu terkait dengan ESQ," ucap AHY.


Dilanjutkan olehnya, "Dan saya juga sangat senang karena ini satu perjuangan dengan apa yang telah saya tetapkan dalam Rakernas ini bahwa seluruh pejabat, petugas, baik di tingkat pusat maupun lapangan harus memiliki kapasitas yang unggul. Kecerdasan intelektual tetapi memiliki integritas yang baik."


"Karena banyak orang cerdas yang tidak dibarengi dengan emotional serta spiritual quotient yang memadai. Maka akan bisa jadi sumber masalah. Sebaliknya kita ingin dengan integritas yang baik, maka SDM Kementerian ATR/BPN bisa semakin fokus. Dan tentunya miliki keyakinan untuk bisa menjalankan tugas-tugasnya untuk rakyat dan juga negara," sambungnya.




Ketua Umum Partai Demokrat itu kemudian menambahkan, "Melalui forum tadi, Pak Ary Ginajar tentunya berharap SDM yang ada di sini semakin baik ke depan, berkomitmen, punya dedikasi dan tentunya memiliki integritas yang baik. 


Ini kolaborasi yang baik antara ESQ dengan Kementerian ATR/BPN. Saya punya komitmen untuk terus memajukan SDM yang ada baik secara kapasitasnya tetapi secara integritas sesuai dengan semangat ESQ melalui kekuatan intelektual, emosional dan spiritual."


"Menjadi manusia-manusia yang unggul, bekepribadian baik untuk menjalankan tugas tugas negara yang pada akhirnya kita dedikasikan kepada rakyat. 


Sukses selalu untuk ESQ. Semoga bisa terus menjadi inspirasi dan kekuatan dalam membangun SDM yang berintegritas untuk Indonesia yang sangat kita cintai," tutupnya.




Lalu, dilanjutkan testimoni dari Wamen ATR/BPN yang mengatakan, "Pak Ary hadir memberikan pencerahan kepada kami tentang pentingnya integritas ASN Kementerian ATR/BPN agar memiliki komitmen, nilai, dan spirit untuk terus melayani masyarakat. 


Saya kira akan ada program-program selanjutnya yang kami berharap untuk terus bekerjasama dengan Pak Ary Ginanjar untuk membangun ATR BPN yang melayani, profesional dan terdepan." 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA