Selasa, H / 14 Mei 2024

Dampak Pengguna Media Sosial Menurut Penelitian

Selasa 18 Jun 2019 10:30 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA – Pengguna media sosial tak kenal jabatan, umur, status sosial dan lain-lain. Karena media sosial atau gadget sudah memiliki fitur yang sangat lengkap, praktis dan portable untuk dibawa kemana-mana.

 

Semua hal tentu memiliki segi negatif maupun positif, begitu pula dengan media sosial (aplikasi atau fitur-fitur canggih lainnya). Dilansir dari IDN Times bahwa ada beberapa sarjana yang sudah melakukan penelitian mengenai media sosial yang berdampak terhadap kesehatan mental.

 

Para sarjana tersebut ialah Sujarwoto, Gindo Tampubolon dan Adi Cilik Pierewan. Mereka meneliti bahwa pengguna Facebook di Indonesia mencapai 54 juta orang sehingga menduduki posisi keempat di dunia. Dan ada 22 juta pengguna media sosial yang bersimbol burung.

 

Berdasarkan penelitian dalam Jurnal Kesehatan Mental dan Ketergantungan setelah menganalisis data dan Survei Kehidupan Keluarga Indonesia. Memberikan simpulan bahwa penggunaan media sosial bisa membahayakan kesehatan mental orang dewasa.

 

Misalnya ada rasa kecemburuan disaat orang lain memposting sesuatu yang luar biasa menurut kita. Sedangkan posisi kita saat itu  dalam kondisi emosional yang tidak stabil. Itu bisa saja memicu rasa iri hati.

 

“Ini adalah pengingat yang kuat bahwa teknologi ini dapat memiliki kelemahan”, ucap Gindo Tampubolon sang peneliti Global Development Institute.


Namun semuanya balik lagi kepada penggunaan yang bijak, pengguna media sosial dalam hal yang wajar. Sebenarnya ini tergantung dari sudut pandang pribadi masing-masing apakah melihat dari segi positifnya atau segi negatifnya. Alangkah baiknya dalam hidup ini selalu melihat dari segi positifnya dalam semua hal.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA