Senin, H / 13 Mei 2024

Fortasi Penuh Inspirasi

Rabu 07 Sep 2022 09:04 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: dok. Pribadi Erni Fitriyah

Oleh: Erni Fitriyah


ESQNews.id, JAKARTA - Fortasi adalah forum ta’aruf dan orientasi siswa yang dilaksanakan di sekolah pada saat memulai tahun ajaran baru. Kegiatan tersebut dalam rangka mengenalkan kepada peserta didik baru terkait lingkungan sekolah, tata tertib, sarana prasarana, dan segala fasilitas yang ada di dalamnya. Dengan tujuan, agar peserta didik dapat beradaptasi dengan mudah di sekolah barunya, serta dapat berinteraksi dengan baik pada guru-gurunya, teman-teman barunya, atau semua warga sekolah.


Tepat pada hari Selasa tanggal 19 Juli hingga 21 Juli 2022, SMP Muhammadiyah 5 mengadakan Fortasi dengan diisi berbagai materi dari beberapa narasumber, di antaranya materi Literasi, Al Islam dan Ke-muhammadiyah-an, Motivasi Belajar, Leadership, Ke-IPM-an, dan Pengenalan Lingkungan Sekolah.


Selain itu, diisi pula dengan kegiatan Pengisian Formulir Minat dan Bakat, yakni ekstra wajib dan pilihan. Ekstra wajib ada HW dan Tahfidz. Sedangkan pilihan, para siswa boleh memilih dari empat kegiatan ekstra yang diadakan di sekolah. Yakni ekstra Panahan, Tapak Suci, Muhadhoroh, dan Menjahit. Yang semua itu akan menjadi bekal dan sangat bermanfaat bagi para siswa ke depannya.


Seperti pada ekstra Muhadhoroh, diharapkan siswa bisa lebih cakap, berani, serta percaya diri untuk berbicara di depan umum atau khalayak. Ekstra Panahan, diharapkan siswa bisa terampil atau mahir dalam bidang Panahan yang merupakan salah satu olahraga yang disunnahkan Rasulullah, dapat melatih siswa untuk lebih konsentrasi atau fokus pada sesuatu, melatih otot lengan, dan lain-lain. Ekstra Menjahit, diharapkan siswa dapat memiliki keterampilan dalam bidang menjahit. Sedangkan pada ekstra Tapak Suci, diharapkan siswa dapat memiliki keterampilan dalam bidang Tapak Suci, serta melatih kekuatan untuk melindungi diri sendiri maupun orang lain.


<more>


Dan terakhir, untuk menghibur para peserta didik, fortasi juga diisi dengan Sesi Tanya Jawab dan Fun Games yang menyenangkan. Kemudian di tutup dengan pembagian hadiah untuk siswa-siswi terbaik kategori Cerdas Cermat, Foto dan Caption Twibon Terbaik, Kerapian, Kerajinan, dan lain-lain.


Tentang penulis: Erni Fitriyah, tinggal di Desa Takerharjo, Solokuro, Lamongan. Guru SMP Muhammadiyah 5 Karanggeneng.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA