Selasa, H / 27 September 2022

Mencegah dan Mengobati Halitosis, Bau Mulut Kronis

Kamis 04 Apr 2019 09:17 WIB

Author :drg. Farida/FDC Dental Clinic

Halitosis

Foto: webmd

ESQNews.id - Halitosis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kronis bau mulut dirongga mulut seseorang. Halitosis mempengaruhi hampir 1 diantara 4 orang di dunia.


Bukan sekedar nafas buruk dipagi hari,halitosis lebih dari itu. Tidak dapat diselesaikan hanya dengan permen, sikat gigi atau berkumur. Halitosis dapat bertahan dalam  waktu yang cukup lama dan mungkin m erupakan tanda dari kelainan yang lebih serius.



Baca juga : 1 dari 4 Orang Mengidap Halitosis, Jangan Sampai Anda Salah Satunya

Bagaimana cara mencegah dan mengobati halitosis :


1.     1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Menyikat gigi rutin dengan pasta gigi utnuk menghilangkan sisa makanan dan kotoran jangan lupa menyikat juga bagian lidah kita. Gantilah sikat gigi 2-3 bulan sekali atau sesudah sakit. Gunakan benang gigi atau floss untuk menhilangkan kotoran disela gigi satu kali sehari, gigi tiruan harus dilepas dimalam hari dan dibersihkan sebelum digunakn kembali di pagi hari.


2.     2. Periksa rutin ke dokter gigi

Lakukan pemeriksaan rutin minimal 2 kali dalam setahun. Beliau akan melakukan pemeriksaan apakah ada gigi berlubang atau infeksi yang dapat membuat bau mulut atau halitosis.


3.     3. Berhenti merokok

Berhenti merokok dan menguyah produk tembako akan sangat berefek positif terhadap kesehatan mulut kita. Konsultasikan dengan dokter anda bagaimana menghentikan kebiasaan buruk merokok.


4.     4. Minum banyak air

Konsumsi cukup air akan menjaga mulut dalam keadaan lembab. Mengunyah permen karet tanpa gula akan menstimulasi keluarnya saliva sehingga kelambapan terjaga.


5.     5. Mengatur pola makan

Hindari makan makanan yang berbau tajam, daging merah dan konsumsi cukup buah dan sayur. Pola hidup sehat akan berpengaruh pada kesehatan badan secara umum yang pada akhirnya akan memperbaiki kesehatan rongga mulut.


6.     6. Memeriksakan kesehatan

Periksakan kesehatan umum jika dokter gigi anda menyatakan kemungkinan  halitosis disebabkan oleh penyebab lain diluar rongga mulut.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA