Senin, H / 29 April 2024

Fokus pada 3 Kecerdasan, Webinar Sejuta Senyum Pensiun Bentuk Komitmen ESQ MPP untuk Wujudkan Pensiunan Bahagia, Sejahtera & Penuh Makna

Rabu 12 Apr 2023 17:06 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – Webinar Sejuta Senyum Pensiun telah digelar pada hari Kamis, 6 April 2023 melalui Zoom Meeting. Webinar kali ini, fokus kepada pembahasan terkait kesehatan, terutama untuk lansia.


Agenda tersebut di buka dengan sambutan dari Direktur Utama ESQ Masa Persiapan Pensiun (ESQ MPP), Anjar Yusuf Ramadhan.


Dalam sambutannya dijelaskan untuk mencapai kebermaknaan hidup aspek yang patut diperhatikan tidak hanya pada kecerdasan intelektual (Intelligence Quotient) namun juga aspek kecerdasan emosional (Emotional Quotient), dan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient).


“Riset membuktikan bahwa kecerdasan intelektual itu hanya berpengaruh 10% terhadap kesuksesan dan kebahagian. Sisanya adalah kecerdasan emosional…”, ungkap Anjar dalam sambutannya siang itu.


Banyaknya Fokus terhadap kecerdasan intelektual atau IQ sehingga kebutuhan untuk aspek EQ dan SQ sering tidak diperhatikan sehingga rasa hampa dalam kehidupan sering terjadi.  


“Setelah cukup semuanya, mereka merasa hampa, merasa kering, hidup tanpa arti. Ternyata ada satu kecerdasan yang ketiga yakni kecerdasan spiritual atau spiritual quotient," papar anak pertama dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group).


<more>


Berangkat dari diskursus tersebut ESQ MPP dalam program Sejuta Senyum Pensiun mengadaptasi metodologi yang menggabungkan ketiga kecerdasan tersebut untuk  mempersiapkan bekal bagi para pensiunan. 


“Oleh karena itu ESQ MPP dan Sejuta Senyum Pensiun adalah metodologi dan juga komunitas untuk menggabungkan ketiga kecerdasan tersebut, baik IQ , EQ dan SQ yang dikhususkan untuk mempersiapkan menjelang pensiun," ungkapnya.


Sebagai informasi, Sejuta Senyum Pensiun adalah komunitas yang terdiri dari alumni training ESQ Masa Persiapan Pensiun dengan salah satu program Webinar Sejuta Senyum Pensiun sebagai medium untuk mengembangkan diri, membangun relasi dan wawasan serta wadah komunikasi, silaturahmi bagi para pensiunan.


Dari komunitas Sejuta Senyum Pensiun diharapkan dapat mewujudkan pensiun yang Bahagia, sejahtera dan penuh makna.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA